Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

3 Mahasiswa UNJA Raih Juara 2 Lomba Esai Nasional di Acara PAUD FAIR 11 se-Indonesia

3 Mahasiswa UNJA Raih Juara 2 Lomba Esai Nasional di Acara PAUD FAIR 11 se-Indonesia

JAMBI,- Wandi Saputra dan Frisky Rapika Dwi, mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika angkatan 2020, beserta Vannessa Ajeng Trisna Putri, mahasiswa Prodi PGPAUD angkatan 2021 berhasil meraih “Juara 2 Essay PAUD FAIR 11 se-Indonesia” dalam kategori Lomba Essay Tingkat Mahasiswa Nasional. Diselenggarkan oleh Himaprodi PGPAUD FKIP Universitas Riau secara daring sejak 23 Desember 2022 dengan pengumuman juara pada 23 Februari 2023.

Mereka bertiga berhasil mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan e-sertifikat setelah mengalahkan 32 tim peserta lainnya. Judul esai yang mereka lombakan adalah “Sukseskan Kurikulum Merdeka melalui Penyelenggaraan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Pojok-Pojok Literasi”.

Ajeng sebagai perwakilan tim menjelaskan motivasi awal kenapa mereka mengikuti lomba tersebut dan membeberkan persiapa apa saja yang dilakukan.

“Motivasi mengikuti lomba adalah ingin mengasah skill dalam bidang kepenulisan, membanggakan kedua orang tua, dan juga kampus tercinta yaitu Universitas Jambi. Dalam mengasah skill bidang kepenulisan, salah satunya yaitu mengikuti kegiatan perlombaan seperti lomba essay ini. Persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti lomba dengan mencari referensi data dengan valid dan benar, menyusun naskah, dan berlatih untuk kegiatan presentasi,” ujarnya.

Ia pun berharap bisa meningkatkan prestasi yang diraih dan menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya, serta ingin mengharumkan nama UNJA di kancah nasional dan internasional.

“Harapan ke depannya supaya penghargaan yang sudah diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi, juga agar memotivasi teman-teman untuk mau ikut berkompetisi. Kami juga ingin mengharumkan almamater di tingkat nasional dan internasional,” pungkas Ajeng.

Ketua Prodi PGPAUD FKIP UNJA, Dr. Drs. H. Hendra S., M.Si., mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Ajeng beserta timnya. Beliau mengatakan bahwa Prodi akan selalu memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi.

“Saya selaku Ketua Prodi S1 PG-PAUD FKIP Universitas Jambi mengucapkan selamat kepada Vannessa Ajeng Trisna Putri, mahasiswa Prodi PG-PAUD beserta timnya yang sudah mengukir prestasi di tahun 2023 dengan meraih Juara 2 Esai yang diselenggarakan oleh HIMA PAUD Universitas Riau, dan sebelumnya juga tahun 2022 pernah mengukir prestasi menjadi Juara Perlombaan Microteaching yang diselenggarakan oleh HIMAPAUD Universitas Negeri Jogjakarta. Prestasi Mahasiswa ini akan memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk mengukir prestasi yang lebih baik ke depannya, dan kami dari Jurusan PAUDDAS dan Prodi sudah memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berpretasi sebagai motivasi untuk lebih berprestasi lagi ke depannya.  Pesan saya, teruslah mengukir prestasi dan tetap semangat menjadi mahasiswa hebat,” ujar Dr. Hendra.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS