Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pesantren Ramadhan: Perkuat Keimanan Siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Pesantren Ramadhan: Perkuat Keimanan Siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Senin, 27 Maret 2023, SMK Negeri 11 Semarang menyelenggarakan pesantren ramadhan yang dilakukan di Masjid Annida. Kegiatan pesantren ramadhan ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, pesertanya adalah siswa yang sedang mengikuti pembelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti. Beberapa kelas yang sedang mengikuti pembelajaran PAI diarahkan ke masjid Annida untuk mengikuti kegiatan pesantren ramadhan. Kegiatan ini terintegrasi pada mata pelajaran PAI dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelaksanaannya. Ketika beberapa kelas yang mengikuti pembelajaran PAI berkumpul menjadi satu di masjid Annida, dari aspek tempat juga tidak terlalu padat, sehingga akan menambah kekhusukan dalam melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan ini. Hal ini sesuai dengan arahan kepala sekolah, Bapak Drs. Luluk Wibowo, S.ST, M.T ketika bertemu langsung dengan ketua MGMP PAI di sekolah yakni Pak Nur Fahmi Arifin, S.Pdi.

Setiap harinya di bulan Ramadhan ini secara bergantian siswa yang mengikuti pembelajaran PAI akan mengikuti kegiatan pesantren ramadhan ini. Selama kegiatan tersebut siswa membaca Al-Qur’an dan tahsin Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan kajian Fiqih. Ketika waktunya dzuhur dilakukan sholat berjamaah, dan dan kultum. Kultum dilakukan oleh siswa dengan harapan akan terlatih kemampuan berdakwah dan meningkatkan kepercayaan diri. Kemampuan berdakwah akan terbentuk ketika siswa terbiasa melakukan literasi terlebih dahulu.

Selama kegiatan ramadhan ini, Takmir masjid bersama organisasi kerohanian Islam akan mengadakan kegiatan buka puasa bersama, menerima dan menyalurkan zakat fitrah, zakat maal, infaw dan sedekah. Bulan yang penuh barokah ini benar-benar dimanfaatkan sebagai proses berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (Penulis: Diyarko)