Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Lomba Video Orasi Kebangsaan, Mahasiswa Undiksha Raih Juara I

Lomba Video Orasi Kebangsaan, Mahasiswa Undiksha Raih Juara I

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha menorehkan prestasi dalam ajang lomba video orasi kebangsaan GAYATAMA-2 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Ia adalah I Made Riyan Cahyadi dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.  Pada ajang yang mengusung tema “Sumpah Pemuda Sebagai Momentum Merajut Kebhinnekaan”, ia berhasil meraih juara I yang pengumumannya berlangsung 1 November 2021.

Dalam ajang tingkat nasional ini, Riyan sapaan akrabnya berhasil mengalahkan  peserta yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia. Video orasi yang dibawakannya bertajuk “Sumpah Pemuda dan Keberagaman Bangsa Indonesia”. Mahasiswa kelahiran 7 Oktober ini menyampaikan pengamalan nilai sumpah pemuda sangat perlu dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak, dapat memicu terjadinya persoalan di masyarakat, seperti radikalisme, ujaran kebencian, dan sebagainya. “Sebagai orator saya mengajak pemuda Indonesia untuk mulai berbenah dan mengaktualisasikan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari ditengah keberagaman masyarakat Indonesia untuk mempu menciptakan persatuan diantara masyarakat Indonesia,” terangnya Selasa, (2/11/2021).

Prestasi yang berhasil diraihnya tentu tidak lepas atas kerja keras dan usahanya. Diakui, butuh waktu sekitar dua minggiu untuk mempersiapkan lomba tersebut, yang dimulai dari merancang naskah orasi sampai dengan pembuatan video. Motivasi untuk mengikuti tidak terlepas atas dorongan dosen pembimbing I Putu Windu Mertha Sujana, S.Pd., M.Pd. dan segenap pimpinan Undiksha yang selalu. “Lomba ini tentu memberikan kesan yang sangat baik, selain saya mampu mengembangkan bakat dalam bidang orasi, saya juga banyak belajar dari peserta lain yang akan saya jadikan evaluasi kedepannya,” ungkap mahasiswa semester V ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., sangat bangga dengan prestasi ini dan langsung memberikan apresiasi. Ia berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berprestasi. “Kami di pimpinan selalu mengajak mahasiswa untuk terus meningkatkan kualitas diri dan bisa meraih prestasi di ajang kompetisi. Kami sangat mendukung,” ucapnya. (hms)