Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di UNJ

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di UNJ

Humas UNJ (2/5/2023) – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan Upacara Hardiknas pukul 08.00 WIB di Lapangan GOR Kampus B UNJ pada Selasa, 2 Mei 2023. Rektor UNJ, Prof. Komarudin selaku pembina upacara beserta jajaran pimpinan Wakil Rektor, Ketua dan anggota senat, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Dosen, Tenaga Pendidikan, dan Mahasiswa dan seluruh sivitas akademika UNJ turut hadir dalam upacara yang berlangsung khidmat ini.


Tema Upacara Hari Pendidikan Nasional kali ini yakni “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Setiap peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, kita mengingat kembali 64 tahun yang lalu Ki Hadjar Dewantara meninggalkan kita dengan banyak hasil dari jeripayah beliau merintis dan mengembangkan pendidikan di Indonesia sehingga dapat kita nikmati hingga saat ini. Pendidikan merupakan salah satu jendela dunia. Melalui pendidikan membuka kemungkinan bagi kita untuk dapat menggenggam dunia.

Diawal sambutannya, Prof. Komarudin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H kepada seluruh sivitas akademika yang hadir dalam Upacara Hardiknas hari ini. Pada kesempatan itu Prof. Komarudin selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023.
“Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.” Ujar Prof. Komarudin.

Dalam Naskah Pidato Menteri yang dibacakan Rektor UNJ mengatakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Sebelum mengakhiri pembacaan naskah pidato amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Prof. Komarudin mengajak kepada semua sivitas akademika UNJ untuk menyemarakan Hari Pendidikan Nasional ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. “Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023” tutup Prof. Komarudin dalam sambutannya.