Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelantikan Dokter Spesialis dan Pengambilan Sumpah Dokter ke-86

Pelantikan Dokter Spesialis dan Pengambilan Sumpah Dokter ke-86

Banjarmasin – Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali mencetak lulusan Dokter dan Dokter Spesialis pada acara “Pelantikan Dokter spesialis Penyakit Dalam Angkatan ke-3, Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi angkatan ke-5, Dokter Spesialis Anak angkatan ke-3 dan Pengambilan Sumpah Dokter angkatan ke 86”, Rabu (17/5/2023).

Acara ini diikuti oleh 38 Dokter dan 4 Dokter spesialis yang terdiri dari 1 Dokter Spesialis Penyakit Dalam, 1 orang Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi, dan 2 Dokter Spesialis Anak yang dilaksanakan di Ruang Teater Fakultas Kedokteran ULM. Hadir dalam acara Wakil Rektor Bidang Umum dan keuangan ULM Dr. Ir. Arief Rahmad Maulana Akbar, M.Si., IPU, Dekan FK ULM, Ketua Senat FK ULM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Direktur RSUD Ulin Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. Diauddin, M. Kes., mengucapkan selamat untuk para dokter serta dokter spesialis yang sudah menyelesaikan Pendidikan nya di FK ULM. Beliau berharap lulusan yang harini dikukuhkan dapat menjadi tenaga dokter yang berkontribusi penuh kepada masyarakat dan negara. Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Tenaga kesehatan berkontribusi dalam keberhasilan pembangunan kesehatan hingga 80%, dimana Dokter juga merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Dalam era globalisasi tenaga kesehatan termasuk Dokter dituntut untuk meningkatkan pelayanan medik dan mengiktui perkembangan IPTEK serta mampu menggunakannya untuk menjadi tenaga medik yang professional dalam mengahdapi tantangan permasalahan kesehatan yang amsih sampai saat ini dihadapi seperti salah satunya permasalahan “Stunting”.

Pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan khususnya dokter diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang ada dengan upaya yang maskimal. Terlebih Provinisi Kalimantan Selatan yang masih kekurangan tenaga Dokter spesialis di beberapa Rumah Sakit terutama kelengkapan Dokter spesialis 4 Dasar dan 3 Penunjang. Hal ini yang didasari oleh Kepala Dinas Kesehatan yang mengharapkan lulusan Dokter spesialis yang hari ini dilantik untuk bergabung dalam program pemberdayaan dokter spesialis yang merupakan terobosan pemerintah   dalam rangka pemenuhan dan pemerataan kebutuhan dokter spesialis di daerah.

Dekan FK ULM, Dr. dr. Istiana, M.Kes., menyampaikan hingga saat ini Fakultas Kedokteran mampu berperan dalam menyediakan dokter di Kalimantan Selatan dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.  FK ULM juga diketahui telah meluluskan 29 Dokter spesialis baru yang tentunya bisa didistribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan. Menjawab pernyataan dari Kepala Dinas Kesehatan terkait kurangnya ketersediaan Dokter spesialis di Kalimantan Selatan, Dekan FK ULM mengatakan FK ULM telah membuat berbagai macam program terkait pemenuhan Dokter spesialis maupun dokter umum.

Berikut daftar nama Dokter Umum yang telah menjalani pengambilan sumpah dokter oleh Dekan FK ULM:

Reynold Andika Yohanata Ketrin Zailin
Dina Dian Anggraini Dhea Merdekaputri Swengly
Wahyu Sandika Putra Luh Putu Sukma Pratiwi Sutama
Muhammad Nardho Pratama Maria Winney Natania
Muhammad Lazuardi Khalfi Jessica Sirait
Gregory Stevanus Gultom Annie Khairun Nida
Muhammad Zulfi Karami Fachir Rizka Vidya Ariana
Muhammad Bayu Wirabuana Alicia Fitri Wulandhany
Firman Raudana Ikke Nur Anindyta Wibowo
Muhammad Fariz Rizal Aqli Marisa Izza Mawaddah
Fitrah Noor Pratama Budi Putra Fie Khaeriyah
Fuadi Rifqa Shafari Delvi Aulia Larasati
Muhammad Haris Al Ghipari Evy Alvionita Yurna
Muhammad Syarif Bustomy Murti Fatiya Filayati
Muhammad Azmi Supian Marlin Berliannanda
Andi Ari Sandy Shelsy Marippi
Sumiya Danurroeni Krany Febiola Devi
Mita Rahma Yani Natasya Novanda Putri
Intan Miranda Masniari Br Marpaung Alya Maulida

Daftar Dokter Sepesialis yang telah Dilantik oleh Dekan FK ULM:

dr. Harry Andhika Syahputra Dokter Spesialis Penyakit Dalam
dr. Lina Purnamasari Dokter Spesialis Anak
dr. Rahmad Ramadhani Dokter Spesialis Anak
dr. Chalid Muammar Anhar Muthaher Dokter Spesialis Obstetrik Dan Ginekologi