Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Cerita Maharani Azhri Wahyuningtyas, Raih Medali Perunggu di Cabor Triathlon SEA Games 2023

Cerita Maharani Azhri Wahyuningtyas, Raih Medali Perunggu di Cabor Triathlon SEA Games 2023

Maharani Azhri Wahyuningtyas, Mahasiswa FISIP UNTAN, berhasil membawa pulang Medali Perunggu cabang olahraga Triathlon Sea Games Cambodia 2023.

”Haru karena saya berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia saat debut saya bersama Tim Nasional Triathlon Indonesia”, ungkapnya.

Tyas yang merupakan Mahasiswi Prodi Hubungan Internasional FISIP UNTAN ini menceritakan perjalanannya sebelum mengikuti Sea games Cambodia 2023, saat itu dirinya mengikuti kejuaraan triathlon pertama pada Eksibisi PON XX 2021 Papua alhamdulillah saya mendapat podium 3 dalam nomor lomba triathlon individual putri mewakili Kalimantan Barat. Atas hasil tersebut, Tyas kemudian mengikuti seleksi nasional menuju Sea Games Kamboja 2023 yang diadakan pada tanggal 27-29 Desember 2022 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

“ saya mengikuti 2 nomor lomba yakni (Triathlon Individual Women Podium 2) & (Duathlon Individual Women Podium 1), ungkapnya.

Dari hasil seleksi nasional ini terkumpul total 10 atlit terbaik Indonesia diantaranya 5 atlit putra & 5 atlit putri termasuk Tyas.

“Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk bergabung dalam Tim Nasional Triathlon Indonesia membela Indonesia di Sea Games ke-32 di Kamboja pada nomor Duathlon Woman’s Elite (total 12 atlit putri yang berlaga di nomor ini) yang merupakan event internasional serta Sea Games pertama saya”, ucapnya.

Tyas juga bercerita pengalamannya   saat berada di Kamboja selama seminggu yang tentu beragam, selain begitu senang dapat berkumpul bersama atlit triathlon dari negara Asia Tenggara, Dirinya juga kaget karena cuaca panas di Kamboja sehingga dia  dan tim harus beradaptasi dengan suhu dan kondisi selama 4 hari sebelum bertanding.

Mahasiswi asal Kota Pontianak ini berharap kedepan kembali diberi kesempatan mengharumkan nama bangsa di event-event olahraga Triathlon selanjutnya.

Olahraga Triathlon adalah gabungan dari olahraga berenang, bersepeda, dan berlari yang dilakukan secara berurutan dalam satu waktu. Cabang olahraga ini membutuhkan stamina dan kecepatan yang kuat sehingga bisa bermanfaat bagi kebugaran tubuh.