Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jadi Perempuan Pertama di Jambi Kota Seberang Raih Gelar Guru Besar. Prof Muazza: “Doa, Semangat tinggi, dan Persahabatan Kunci Sukses”

MENDALO,- Dr. Dra. Muazza, M.Si Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) meraih jabatan tertinggi fungsional dosen sebagai Guru Besar/Profesor dalam bidang ilmu Manajemen Sumberdaya Manusia.

Jabatan Profesor ini berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 24400/M/07/2023 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen yang ditetapkan pada 26 April 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Dr. Muazza mengatakan jabatan guru besar ini merupakan anugerah yang besar tapi sekaligus jabatan ini merupakan Amanah yang berat baginya karena jabatan ini mempunyai tanggung jawab besar yang harus diemban, terutama dalam menjalankan tuntutan tri dharma perguruan tinggi.

“Tidak terpikirkan oleh saya mendapatkan gelar guru besar ini menjadi kenyataan, karena diwaktu kecil sekitar kelas 5 SD saya sering menuliskan nama saya dengan gelar Prof, tanpa tau makna gelar tersebut. Seiring dengan berjalan waktu saya mengetahui jabatan tersebut dan saya merasa tidak mungkin meraihnya, akan tetapi saya terus berdoa semoga Allah berikan jalan yang terbaik bagi saya,” ujar Prof. Muazza.

Prof, Muazza juga mengatakan untuk mendapatkan gelar guru besar merupakan perjuangan yang panjang dan penuh rintangan yang berat namun dengan doa dan semangat yang tinggi, serta menjalin persahabatan yang baik merupakan kunci untuk mencapai keberhasilan.

“Tidak ada kata tidak kalau Allah berkehendak atas apa yang dia kehendaki, pencapaian gelar guru besar ini tentunya banyak pihak yang telah membantu dengan dukungan dan doa dari keluarga, suami saya Drs. H.M. Yakub, anak-anak saya Dr. Susan Tara wifa, M.Kes, Ammar Hazrob, SIP, Gufran Abshor serta keluarga besar, para guru besar, dosen, Rektor beserta jajarannya, Dekanat, Kaprodi dan Kajur Ilmu Pengetahuan Sosial, para dosen dan kolega, para sahabat dan para mahasiswa serta para tenaga kependidikan, gelar guru besar ini dapat berhasil diraih,” tuturnya.

Ia juga juga berharap dengan menyandang gelar ini dapat memberikan kontribusi ilmu bagi sivitas akademika dan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Seberang, terima kasih yang terhingga ia ucapkan kepada semua yang telah membantu memberikan petunjuk untuk membuka jalan, serta dukungan moril maupun spiritual, dengan menyandang gelar guru besar ini, ia selalu berdoa agar dapat diberikan jalan utuk dapat memberikan kontribusi keilmuan yang lebih baik kepada civitas akademika dan masyarakat, sekaligus semoga dapat menjadi motivasi bagi dosen, mahasiswa, dan khususnya para perempuan di Jambi Kota Seberang.

“Alhamdulilah saya merupakan perempuan pertama yang mendapat gelar professor di tempat kelahiran saya tepatnya di kelurahan Tahtul Yaman kecamatan Pelayangan Jambi Kota Seberang dan tidak kalah pentingnya dengan gelar ini semoga akan lahir professor-profesor baru, dan tantangan kedepan tetap ada namun hadapi dengan doa, semangat yang kuat dan jalin persahabatan,” pungkasnya.

Silvia Yuliansari Asril/HUMAS