Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Praktek Jadi Penyiar, Mahasiswa Sasindo UNJA Kuliah Lapangan Jurnalistik di JEKTV

Praktek Jadi Penyiar, Mahasiswa Sasindo UNJA Kuliah Lapangan Jurnalistik di JEKTV

JAMBI,- Mahasiswa dan dosen Program Studi Sastra Indonesia (Sasindo) Jurusan Seni, Sejarah, dan Arkeologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) melakukan kunjungan kuliah lapangan ke JEKTV pada Sabtu (03/06/2023).

Kunjungan tersebut merupakan implementasi mata kuliah Jurnalistik yang diampu oleh Yoga Mestika Putra, S.Pd., M.Hum. dengan 7 orang mahasiswa di antaranya Nurdiana Simbolon, Rinci Nailatul Agustin, Nurul Niken Diwanti, Yessi Al Ma’awa, Roy Armanda, dan Fadhil Dirgananda Witra yang antusias mengikuti kuliah lapangan tersebut.

Kunjungan yang dilaksanakan pukul 10.00 – 12.00 WIB tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai peliputan, penulisan naskah berita televisi, editing, dan menjadi presenter yang baik. Yoga Mestika Putra selaku dosen pengampu menyampaikan bahwa kunjungan lapangan ke JEKTV memperluas materi yang sudah diajarkan di kelas.

“Secara teori, mahasiswa sudah mendapatkan materi-materi yang berhubungan dengan jurnalistik di kelas. Dengan melakukan kunjungan kuliah lapangan ke JEKTV, mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana proses terbitnya sebuah berita televisi,” ujarnya.

Kunjungan kuliah lapangan disambut oleh Sugeng Prayitno, Manager IT & Broadcast JEKTV. Dalam paparannya, Sugeng menjelaskan tentang seluk-beluk JEKTV dan proses produksi berita di JEKTV, mulai dari briefing berita hingga penayangannya di televisi.

Selain itu, juga dijelaskan komponen-komponen penunjang dalam menghasilkan sebuah berita, seperti kamera, mikrofon, aplikasi editing, dan lain-lain. Pada akhir kegiatan, mahasiswa dan dosen diajak untuk melihat ruang produksi berita, studio, dan ruang kontrol. Di studio, para mahasiswa diberi kesempatan untuk menjadi presenter berita dengan membacakan tiga topik berita di depan kamera.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS