Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pertama di Riau, SMKN 1 Rengat Launching Sistem Informasi PKL

Pertama di Riau, SMKN 1 Rengat Launching Sistem Informasi PKL

RENGAT-SMKN 1 Rengat menjadi sekolah pertama yang menggunakan pendekatan teknologi informasi dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Hal ini ditandai dengan di launchingnya Sistem Informasi Praktik Kerja Lapangan (SIPKL) SMKN 1 Rengat, Senin (5/6/2023).

Launcing SIPKL dilakukan Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs H Aristo, M.Pd didampingi Kepala SMKN 1 Rengat, Zuriati, S.Pd, M.Pd dengan menekan tombol touchscreen. Selain launcing SIPKL, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelepasan 365 peserta Praktik Kerja Lapangan Tahun Pelajaran 2023-2024.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu, Rengga Dwi Bramantika SSTP, MSi, Branch Manajer BSI Cabang Rengat Hendri Sanada, Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat, Krimas Pangabean, serta pimpinan dunia kerja mitra SMKN 1 Rengat.

“Alhamdulillah, mulai tahun ini pelaksanaan PKL di SMKN 1 Rengat sudah menggunakan aplikasi berbasis web yang kami berinama SIPKL. Aplikasi ini hadir untuk memberikan kemudahan, efektivitas serta akuntabilitas dalam pelaksanaan PKL, baik bagi peserta didik maupun IDUKA,” ujar Kepala SMKN 1 Rengat, Zuriati.

Dijelaskan Zuriati, SIPKL digunakana mulai dari tahap pra pelaksanaan, pelaksanaan, monitoring serta evaluasi, baik dari sekolah maupun IDUKA. Setiap peserta didik akan memiliki akses untuk absensi dan melaporkan jurnal harian selama pelaksanaan PKL. Jurnal yang telah disampaikan peserta didik akan di approve oleh pembimbing sekolah dan pembimbing Iduka. Dengan penggunaan SIPKL, seluruh proses kegiatan PKL memiliki riwayat jelas, termasuk dalam penginputan nilai.

“Aplikasi ini dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh SMKN 1 Rengat dan akan terus kami kembangkan menyesuaikan kebutuhan dari kurikulum dan pelaksanaan PKL,” tuturnya. Jumlah peserta didik SMKN 1 Rengat yang melaksanakan PKL Tahun Pelajaran 2023-2024 sebanyak 365 orang yang ditempatkan pada 122 IDUKA dengan 43 pembimbing dari sekolah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu, Rengga Dwi Bramantika menegaskan bahwa SMK merupakan mitra kerja strategis Dinas Tenaga Kerja, sehingga kerjasama yang sudah dibangun, terutama dalam pelatihan kerja dan penempatan kerja akan terus ditingkatkan.

“Pesan saya, selama pelaksanaan PKL, peserta didik tidak hanya berfokus pada hard skill, tetapi juga soft skill, sebab dunia kerja saat ini membutuhkan pekerja yang memiliki keseimbangan antara keduanya,” ucap Rengga.

Kepala Cabang Wilayah IV Dinas Pendidikan Riau, Drs H Aristo, MPd mengapresiasi langkah SMKN 1 Rengat yang telah membangun dan mengembangkan SIPKL sebagai inovasi dalam proses pembelajaran. Aristo berharap SIPKL yang telah digunakan SMKN 1 Rengat juga didiseminasikan pada SMK lain di Kabupaten Indragiri Hulu.

“SMKN 1 Rengat merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan yang dituntut untuk terus berinovasi dan bermitra dengan Industri. Apalagi SMKN 1 Rengat saat ini sudah memiliki Teaching Factory dengan peralatan standar industry,” ucapnya.*