Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Ramadan ke-9, SMKN 1 Rengat Gelar Khatam Quran

Ramadan ke-9, SMKN 1 Rengat Gelar Khatam Quran

RENGAT-Memasuki Ramadan ke-9, SMKN 1 Rengat menggelar kegiatan Khatam Quran secara bersama di halaman SMKN 1 Rengat, Jumat (31/3). Khatam Quran ini merupakan penutup dari kegiatan Pesantren Ramadan 1444 H yang sudah dilaksanakan sejak Senin (27/3).

Pelaksanaan Khatam Quran ditandai dengan pembacaan surah pada Juz 30 secara bergantian oleh peserta didik. “Alhamdulillah dalam waktu lima hari, peserta didik kami bisa melaksanakan Khatam Quran. InsyaAllah ini akan menjadi amal ibadah bagi semua yang terlibat mensukseskan kegiatan ini,” ujar Kepala SMKN 1 Rengat Zuriati, S.Pd, M.Pd.

Menurut Zuriati, Tadarus Alquran merupakan salah satu bagian dari kegiatan Pesantren Ramadan 1444 Hijriyah yang dilaksanakan SMKN 1 Rengat di Masjid Mukhlisin Rengat dan Masjid Raya Rengat. Tadarus dilakukan secara bergantian oleh seluruh kelas yang telah dibagi berdasarkan Juz Alquran.

“Pada malam harinya, di SMKN 1 Rengat juga dilaksanakan buka puasa bersama yang dibagi berdasarkan Kompetensi Keahlian atau jurusan, dilanjutkan dengan Shalat Magrib, Isya dan Tarawih secara berjamaah,” tambah Zuriati.

Selain Tadarus Alquran, Pesantren Ramadan 1444 H SMKN 1 Rengat juga diisi kegiatan Shalat Duha dan shalat fardhu berjamaah, tausiyah dari ustad dan narasumber berkompeten, pelaksanaan sejumlah lomba, hingga kegiatan kewirausahaan dan pembagian takjil yang diselenggarakan OSIS SMKN 1 Rengat kepada warga yang membutuhkan.

Sebelum Ramadan, OSIS SMKN 1 Rengat juga telah melaksanakan kegiatan pemberian sembako gratis kepada peserta didik yang membutuhkan. Sembako tersebut berasal dari sumbangan guru dan peserta didik lain yang berkecukupan.

“Melalui kegiatan Pesantren Ramadan ini, kami berharap akan tumbuh nilai-nilai religius, kebaikan dan kepedulian sosial antar sesama sebagai bekal bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang semakin dinamis,” tambah Wakil Kepala SMKN 1 Rengat Bidang Kesiswaan, Erawati, S.Ag. Erawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya seluruh rangkaian Pesantren Ramadan 1444 H. Kedepan kegiatan ini dapat terus ditingkatkan, baik dari segi pelaksanaan maupun kreatifitas peserta didik.***