Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Edukasi Mahasiswa tentang Dunia Logistik, Prodi Bisnis Logistik Unpad Gelar Seminar

Edukasi Mahasiswa tentang Dunia Logistik, Prodi Bisnis Logistik Unpad Gelar Seminar

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Bisnis Logistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran mengadakan Seminar Bisnis Logistik (Logicfest) yang berlangsung di Bale Santika, Universitas Padjadjaran, Jatinangor pada Rabu (31/5/2023).

Seminar yang mengusung tema “E-commerce Trends & Logistics Innovation In Digital Era” ini merupakan bentuk pemenuhan tugas mata kuliah Bisnis Start-Up bagi mahasiswa prodi Bisnis Logistik angkatan 2022 sekaligus mengedukasi mahasiswa umum tentang perkembangan logistik.

Pada kesempatan ini David Afriwinsyah sebagai pemateri menjelaskan pentingnya marketplace untuk setiap bisnis. David juga menceritakan pengalaman pasang surutnya dalam merintis karier di bidang marketplace. Materi yang disampaikan banyak menjelaskan bagaimana suatu marketplace ini penting untuk merintis usaha bisnis.

“Saat ini banyak orang memilih belanja di marketplace karena konsumen sekarang memilih banyak promo, yakin dan percaya barang yang dibeli adalah asli, dan yang pasti hemat waktu,” jelas David.

Sesi pematerian selanjutnya diisi oleh Donny Indrawan, S.Pd., yang merupakan perwakilan dari instansi Lazada Logistik. Dalam pemaparannya, Donny menyampaikan setidaknya tiga poin utama, yaitu logistik process, logistik digital innovation, dan impacts & challenges of e-commerce growth.

Diharapkan dengan adanya seminar Bisnis Logistik ini dapat membentuk kreativitas dan inovasi dalam pengembangan bisnis untuk memulai suatu bisnis yang inovatif, sehingga menambah sinergitas dan keharmonisan, serta menjadi bekal bagi mahasiswa dan masyarakat umum dalam membangun bisnis yang baik.

Oleh karena itu, kerja sama antar pihak mahasiswa sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, dilakukan pula sosialisasi edukasi yang bekerja sama dengan berbagai pihak internal maupun eksternal (rilis)*