Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA MUHISKA GO TO BALI

2,5 tahun setelah pandemi tanpa ada kegiatan tatap muka. ini kali bertama SMA Muhammadiyah 1 Surakarta ber study tour ke Bali, ini adalah program kegiatan peserta didik di kelas XI yang diadakan di akhir semester genap. Dibawah pengawasan Kepala Sekolah Dr. Rahayuningsih, S. Pd, M. Pd, dan wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Suratman, S. Pd.I. Study tour berangkat dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pukul 10.30 Wib. Dengan kerjasama oleh agen travel biro Elsa tour dan menggandeng Po. Bimo.

Tahun ini memberangkatkan 2 bus dengan peserta 89 peserta didik dan didampingi 2 guru pendamping di setiap bus nya. Bus 1 didampingi oleh Triyanta Wahyu Nugraha, S.Sn dan  Citra Dwi Sekarningtyas, S.Pd. Sedangkan bus 2 didampingi oleh Suratman, S.Pd.I. dan Ayu Perdanasari, M.Pd. Perjalanan lancar sampai penyebrangan Pelabuhan Ketapang, pelayanan yg disediakan oleh biro travel sangat baik, dari makanan maupun fasilitas bus dan hotelnya. Kami menyebrang menggunakan kapal ferry dan sampai Gilimanuk menuju transit di rm. Kenanga, para peserta didik untuk istirahat sholat dan makan.

Semua sangat menikmati perjalanan menuju ke Bali karena mereka juga merasakan study tour baru kali ini setelah sekian lama tidak bisa bepergian karena pandemi.

Dihari pertama kunjungan ke salah satu danau buatan dan menjadi icon nya pulau Bali yaitu Bedugul, peserta didik mendapatkan berbagai ilmu dan manfaat serta dapat ber rekreasi dengan senang hati si destinasi wisata tersebut. Selain ditemani biro tour kami juga di temani oleh gaet wisata asli dari Bali bli Wayan dan bli Putu namanya ia melayani dengan sangat baik dalam menjelaskan tentang wisata, adat dan budaya di Bali. Peserta didik mengakui banyak hal yang didapatkan di bali karena banyak pengetahuan dan ilmu yang didapat di bali, baik budaya, adat, sejarah dan wisata yang ada di bali. Setelah dari bedugul langsung menuju ke wisata Joger, peserta didik diajak untuk mengetahui hasil kerajinan, prodak umkm yang ada di bali dan mereka juga berbelanja di Joger. Untuk tidak terlewatkan sun set maka kami pun setelah dari Joger menuju ke pantai Kuta, yang menjadi icon pantai di pulau Bali. Disana mereka terlihat senang sekali dan merefresh dengan menikmati ombak pantai dan menunggu sun set yang dapat di lihat dari pantai kute dengan dramatisnya dan indahnya pelan pelan sang matahari dipelukan  pantai Kuta. Begitu indah…..

Perjalanan kami lanjutkan ke Hotel Quest Bali salah satu hotel bintang 4 di bali. Dimalam hari kegiatan free, berbagai aktifitas dilakukan oleh peserta didik, mulai dari canda tawa bercerita pengalaman seharian ada juga yg menikmati minuman di angkringan yang ada didepan hotel. “Kami sangat lelah hari ini namun kami juga sangat senang sekali jadi terbayar sudah lelah di hari pertama ini” Ujar salah satu peserta didik.

Hari berganti peserta didik pun semangat  untuk menjelajah destinasi wisata di bali. Hari kedua wisata menuju Cening Bagus dan tari Barong, alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. Peserta disik menikmati tari barong yang dilakukan oleh Seniman Bali. Tari barong disebut juga salah satu tari sakral yang di tampilkan di waktu tertentu. Kami juga berkesempatan untuk berfoto dengan para penari penari barong tersebut, “Sambil berterik SMA MUHI smart n religious” Peserta didik sangat senang dengan pengalaman ini. Dihari ke2 sini kebetulan pas dihari Jumat, sebagai kaum Muslim selain selalu melaksanakan sholat wajib di sela sela perjalan kami, hari ini kami mendirikan sholat jumat di mushola yang disediakan oleh pihak wisata, sholat jumat ini dipimpin oleh Bp. Suratman, S. PdI. Perjalanan berikutnya dilanjutjan di GWK pantung garuda Wisnu tertinggi no 2 di dunia. Sesampai di GWK peserta didik langsung semangat menuju ke patung yang dijadikan icon bali juga. Mereka senang sekali karena dapat melihat patung tertinggi dan dapat berfoto foto serta dapat mengetahuan yang dijelaskan oleh gaet bli Wayan. Lagi lagi lelah mereka terbayar oleh pengalaman dan kemegahan patung GWK tersebut. Untuk terakhir di sore hari kita lanjutan ke pantai Pandawa, memang sangat enak dan indah sekali ketika kita berkunjung dipantai pada sore hari. Ada yang naik sampan, ada yang berfoto2, buat vlog dan lain lain. Selesai sudah di hari ke 2 kembali lagi istirahat menuju hotel.

Hari ke 3, setelah makan pagi yang disediakan oleh pihat hotel peserta didik langsung cek out dan melanjutkan perjalan ke destinasi wisata terakhir sebelum kembali ke Solo. Ujar peserta didik, “setiap kali makan, makananya terasa enak ya dan pelayanan ya juga bagus” Alhamdulillah mereka merasa senang. Perjalan lanjut ke tanah lot, alhamdulillah lancar sampai di tanah lot, disetiap destinasi kita sempatkan untuk foto bersama sama, sehabis foto peserta didik langsung ke tempat wisata. Berbagai kegiatan yang mereka lakukan, intinya kami sebagai pendamping melihat mereka senang sekali. Tibalah kami melanjutkan perjalan pulang kembali ke Solo. Setelah berhari hari ber wisata di Bali dengan pelayanan gaet dan fasilitas yang baik. Kami pun merasa senang dapat berkunjung di Pulau Bali. “Sampai jumpa Bali dengan segala budayamu di lain waktu dengan”.

Alhamdulillah perjalanan begitu lancar tiba sampai SMA Muhammadiyah 1 Surakarta lebih awal dari jadwal. Dan orangtua peserta didik sudah siap menjemput putra putrinya. Semoga dengan program study tour ini dapat menambah kepercayaan, kesenangan masyarakat umum kepada SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dan diprogram berikutnya semoga akan lebih baik. Aamiin

SMA MUHISKA smart n religious.