Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MONEV PENGAWAS PAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Hari ini, Senin 19 Juni 2023 tim guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mendapatkan kunjungan dari pengawas PAI. kunjungan yang dilakukan hari ini bertujuan untuk monitoring dan evaluasi (Monev) sekaligus untuk perkenalan antara pengawas dengan guru PAI dan Budi Pekerti yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Pengawas yang hadir hari ini adalah Ibu Dra. Suci Yuni Suswanti, M.Pd.I. Beliau adalah pengawas baru yang menggantikan pengawas sebelumnya yang telah purna tugas.

Ibu pengawas hadir di sekolah pukul 09.00 dan kemudian di arahkan ke ruang kepala sekolah. Di ruang kepala sekolah, Ibu Suci menemui 6 guru PAI yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. keenam guru tersebut adalah Suratman, S.Pd.I, Ika Setiyani, S.Pd.I, Farhan Qodriyanto, S.Pd.I, Achmad Thoha, S.Ag, Setyowati, S.Ag, dan Mustofa Handaryanto, S.Pd.I.

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sekolah swasta yang bernaung di bawah yayasan Muhammadiyah. Karena instansi di bawah yayasan Muhammadiyah, maka kurikulum yang dipakai juga sesuai dengan arahan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Untuk pelajaran PAI ada sedikit perbedaan antara sekolah Muhammadiyah dengan sekolah yang lainnya. Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki pelajaran ciri khusus yang disebut dengan mata pelajaran ISMUBA (Al Islam dan Kemuhammadiyahan). Kurikulum ISMUBA dibagi menjadi 2, yaitu mata pelajaran pendidikan al Qur’an dan mata pelajaran pendidikan al islam. Untuk mata pelajaran pendidikan al-Qur’an mempelajari ilmu al-Qur’an dan al Hadits, sementara untuk pendidikan al islam mempelajari tentang ilmu akidah akhlaq, fikih ibadah, dan tarikh. Selain itu juga ada tambahan mata pelajaran Bahasa Arab dan Kemuhammadiyahan.

Karena kurikulum ISMUBA yang sedikit berbeda dengan PAI, maka jumlah jam tiap pekannya juga  berbeda. Untuk mapel PAI hanya 3 jam pelajaran tiap pekan, sedangkan ISMUBA ada 6 jam pelajaran tiap pekannya. Dalam kesempatan bertemu dengan pengawas PAI hari ini, guru PAI  menyampaikan hal tersebut kepada beliau agar tidak terjadi perbedaan pemahaman.

Ibu pengawas dalam kunjungannya memberikan arahan dan pembinaan kepada seluruh guru PAI agar terus berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa sekaligus membentuk karakter mereka menjadi insan kamil yang berakhlakul karimah. Sebelum mengakhiri pertemuan, Dra. Suci Yuni Suswati, M.Pd.I menyatakan bahwa, “Maksud kunjungan kali ini sebenarnya tidak hanya untuk monev semata, akan tetapi saya ingin silaturahim dan berkenalan dengan guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta karena saya adalah pengawas baru. Semoga dengan kehadiran saya di SMA Muhi ini bisa meningkatkan silaturahim diantara kita dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama islam untuk anak-anak kita.”