Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA SALURKAN HEWAN QURBAN BERSAMA LAZISMU

Hari raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam. Bagi yang mampu dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban. Hal ini kita lakukan untuk mencontoh pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada hari raya atau hari tasyrik. Daging qurban hasil penyembelihan dapat didistribusikan kepada  seluruh warga masyarakat baik yang beragama islam maupun non islam.

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ini mengeluarkan hewan qurban sapi dan kambing. Untuk sapi disembelih sendiri di sekolah dan diberikan kepada warga di sekitar lingkungan sekolah. Sedangkan untuk kambing bekerjasama dengan Lazismu Surakarta dalam penyalurannya.

“Alhamdulillah, pada Idul Adha tahun ini (1444 H), SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dapat melaksanakan qurban lagi dengan 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Seperti tahun-tahun yang lalu, untuk kambing kita salurkan di daerah dan sekolah yang minim qurban bekerjasama dengan Lazismu Surakarta. Hewan kambing tersebut disalurkan ke SD Muhammadiyah 7, Mushola “AL-IKLAS”, Desa Sidorejo, Kel. Beku, Kec. Karanganom, Kab. Klaten, Masjid Al Hisyam sumber nayu 04/06 joglo Surakarta, dan di lingkungan sekitar kebun milik sekolah,” kata panitia pengadaan hewan qurban, Suratman, S.Pd.I.

Hewan qurban yang akan disembelih ini berasal dari wali murid, guru, dan juga karyawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hewan qurban tersebut ada yang di sembelih di sekolah dan ada juga yang disalurkan ke daerah minim qurban bekerjasama dengan Lazismu.

Willys Sari Listiyani selaku Humas Sekolah menjelaskan bahwa, “pemotongan dan distribusi hewan qurban dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dan dagingnya akan didistribusikan kepada warga di lingkungan sekitar sekolah.”

“Kami menyerahkan daging yang telah dikemasi kepada ketua RT, dan kemudian disalurkan kepada warga di RT nya masing-masing. Hal ini dilakukan agar pembagiannya dapat berjalan tertib dan lancar.

Saat penyembelihan hewan qurban kita juga mengundang shohibul qurban untuk menyaksikan hewan qurbannya disembelih, termasuk juga menyaksikan saat mengupas kulit hewan, mencacah daging hingga mengemasnya.

Dari hasil penyembelihan hewan qurban tahun ini ada total 274 kg daging yang dapat didistribusikan kepada warga sekitar. Semoga tahun yang akan datang SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dapat menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban kembali dan dapat terselenggara dengan lebih baik lagi.