Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PEMBINAAN DENGAN TEMA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU OLEH MAJELIS PENDIDIKAN PDM KOTA SURAKARTA

Hari ini Senin tanggal 10 Juli 2023, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta kedatangan tamu istimewa. Beliau adalah Ketua Majelis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta yang baru yaitu Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd. Kedatangannya hari ini didampingi oleh timnya, yaitu Bapak Dr. H. Waskito Widi Wardoyo, S.S., MA. dan Bapak Drs. Subandriyo.

Selain untuk memperkenalkan diri sebagai pengurus Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta yang baru, kedatangannya di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga sekaligus untuk memberikan pembinaan kepada seluruh guru dan karyawan. Dalam kegiatan ini juga menghadirkan kepala sekolah Muhammadiyah yang berada di bawah tanggungjawabnya, yaitu Kepala SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, Kepala SMA Muhammadiyah 3 Surakarta, dan Kepala SMA Muhammadiyah PK Kota Barat. Pembinaan hari ini mengambil tema tentang peningkatan kompetensi guru.

“Hari ini saya datang membawa pasukan, selain untuk kenalan dengan guru disini, saya juga ingin menyamakan persepsi dan juga visi misi Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta dengan seluruh guru agar kita semua dapat berkolaborasi untuk memajukan pendidikan di sekolah Muhammadiyah, khususnya di  tingkat Sekolah Menengah Atas,” tuturnya dalam pembinaan pagi ini.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd, juga menyampaikan bahwa salah satu harapan besarnya terhadap sekolah Muhammadiyah adalah agar mampu meningkatkan prestasi, khususnya dalam hal kelulusan siswa kelas XII untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi dengan jalur prestasi, dan juga dapat meningkatkan pelayanan sekolah agar masyarakat mempercayakan putra putrinya untuk bersekolah di Perguruan Muhammadiyah. Karena dua hal ini merupakan salah satu kunci kesuksesan pendidikan di sekolah. untuk dapat meraih itu, maka seorang guru dituntut untuk memiliki 3 hal, yaitu harus menguasai IT, mampu berkolaborasi, dan juga memiliki prestasi.

“Seorang guru agar mampu bersaing di era digital ini maka ia harus memiliki 3 hal, yaitu menguasai teknologi, mampu berkolaborasi, dan juga memiliki prestasi. Dengan ketiga hal ini diharapkan agar guru nantinya dapat meningkatkan prestasi kelulusan siswa untuk dapat diterima di perguruan tinggi jalur prestasi. Selain itu, kualitas pelayanan juga harus ditingkatkan agar masyarakat puas menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kita. dua hal itu, meningkatkan prestasi siswa dan juga pelayanan sekolah inilah yang harus menjadi prioritas kita saat ini,” tuturnya.

Menambahkan penjelasan dari ketua majelis pendidikan PDM Kota Surakarta, Bapak Subandriyo mengatakan bahwa, “untuk meningkatkan pelayanan sekolah, salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru. Dalam pembelajaran abad 21 ini, siswa dituntut untuk memiliki kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication), maka dalam hal ini sudah sewajarnya jika guru pun harus terlebih dahulu menguasai kompetensi tersebut agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta didiknya,” tuturnya.

Selain itu, dalam sambutannya, Bapak Dr. H. Waskito Widi Wardoyo, S.S., MA, selaku wakil ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta juga menambahkan bahwa, “saat ini siswa kita termasuk dalam kategori generasi strowberi. kita tahu bagaimana karakteristik dari generasi strowberi ini, mereka tidak dapat dikerasi apalagi ditekan, maka dalam hal ini guru harus mempunyai banyak modal ketrampilan untuk bisa menguasai mereka.”

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Ibu Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd, menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran dan nasehat yang telah diberikan oleh ketua majelis pendidikan PDM Kota Surakarta. Beliau juga mengatakan akan menindaklanjuti nasehat-nasehat yang telah diberikan.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Ketua Majelis Pendidikan PDM Kota Surakarta, Bapak Dr. Mohamad Ali, S.Ag., M.Pd, beserta jajarannya. Terima kasih atas nasehat dan masukannya. Insha Allah ke depannya akan kami tindaklanjuti demi kebaikan sekolah kami,” tuturnya.

Kegiatan pembinaan ini ditutup dengan tanya jawab seputar kebijakan Majelis, dalam kesempatan ini dari pihak PNS DPK diwakili oleh Ibu Sularsih, S.Pd., M.Pd, dari pihak GTY diwakili oleh Bapak Iwan Wuriyanto, SS, dan dari pihak GTT diwakili oleh Bapak Budi Cahyo Nugroho, S.Pd. Semua pertanyaan dijawab dengan sangat jelas oleh ketua Majelis Pendidikan dan dapat dipahami oleh semua pihak. kegiatan pembinaan hari ini ditutup dengan sesi foto bersama. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan, agar tercipta kolaborasi yang baik antara sekolah dan pimpinan majelis pendidikan PDM Kota Surakarta.