Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

 RAKOR PIMPINAN SMA MUHISKA


Sudah menjadi sesuatu yang lazim di dunia pendidikan, bahwa untuk memulai tahun ajaran baru diadakan rapat koordinasi pimpinan di awal tahun pelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk menyamakan visi antara pimpinan selama satu tahun kedepan.
SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga melaksanakan agenda rutin awal tahun pelajaran dengan melaksanakan Rakor Pimpinan. Acara tersebut dilaksanakan Selasa 11 Juli 2023 di ruang 2 gedung sekolah. Pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah, Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd. menyampaikan banyak hal untuk dijadikan acuan mengelola sekolah untuk selama 1 tahun kedepan.
“Kepala sekolah mengajak tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk berkomitmen dalam memajukan SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta kedepan, sehingga kita harus bekerjasama untuk memajukan sekolah yang kita cintai ini, terlebih pada pembinaan akhlak peserta didik yang harus dilakukan secara bahu membahu antar sesama guru, kemudian mengajak para guru agar membuat program-program yang bisa membangun semangat dan minat siswa untuk makin giat belajar dan mengkombinasikan antar pembelajaran di dalam serta diluar ruangan” ajak Ibu Rahayuningsih.
Dalam rapat tersebut, kepala sekolah mengingatkan kembali agar semua wakil kepala sekolah memaparkan program kerjanya yang jelas dan rasional untuk dilaksanakan selama setahun kedepan
Rapat koordinasi yang berlangsung kurang lebih 6 jam dimulai dari jam 08.00 WIB dengan peserta kepala sekolah, semua wakil kepala sekolah dan stafnya, bendahara BOS, koordinator piket dan kepala Tata Usaha berlangsung lancar dan khidmat. Masing masing wakil kepala sekolah melaporkan keberhasilan pelaksanaan program kerja tahun pelajaran 2022/2023 serta evaluasi sekaligus memaparkan program kerja yg akan dilaksanakan tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah dibuat berdasar 8 standar nasional pendidikan (SNP) Cakupan SNP terdiri dari 8 (delapan) standar, yaitu:(i) standar kompetensi lulusan; (ii) standar isi; (iii) standar proses; (iv) standar penilaian pendidikan; (v) standar tenaga kependidikan; (vi) standar sarana dan prasarana; (vii) standar pengelolaan; dan (viii) standar pembiayaan.
Acara ditutup setelah pemaparan peraturan akademik yang akan diperlakukan di Tahun Pelajaran 2023/2024. Program UTBK disepakati sebagai salah satu program unggulan yang akan digarap secara lebih serius, dengan tujuan agar semakin banyak peserta didik yang diterima di perguruan tinggi negeri. Sedang program dr wakil kepala sekolah bagian kesiswaan adalah dibuatkan POS untuk penanganan permasalahan pada peserta didik dan mulai tahun pelajaran 2023/2024 peserta didik tidak diperbolehkan memakai HP selama proses pembelajaran berlangsung.
Semoga dengan adanya rapat koordinasi komitmen dalam memajukan SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta dapat terealisasi.