Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Maulid Nabi di SMP Al Kautsar, Ridzal: Jadikan Nabi Muhammad menjadi Idola Hidupmu

Maulid Nabi di SMP Al Kautsar, Ridzal: Jadikan Nabi Muhammad menjadi Idola Hidupmu

SMP Al Kautsar menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi 1443 Hijriyah secara daring, Jumat (15/10/2021) melalui aplikasi Google Meet, dan juga ditayangkan streaming di channel youtube SMP Al Kautsar Bandar Lampung.

Kegiatan ini diikuti sekitar 850 siswa SMP Al Kautsar dari kelas 7,8, dan 9.

Peringatan Maulid Nabi diawali dengan pembacaan Alquran oleh siswa SMP Al Kautsar, lalu dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar Ridzal Effendi.

Ridzal Effendi menyampaikan materi tentang Menjadikan Tauladan Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam sebagai Amaliyah Kehidupan.

Ridzal menekankan kepada para siswa peserta Maulid Nabi untuk mengidolakan Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam.

“Kalau lah kamu mengidolakan artis, saat mendengar namanya senang, melihatnya senang, suka mengikuti gerakannya, pola hidupnya, nah, begitu jugalah cara kita mengidolakan Nabi Muhammad dengan meniru dan meneladani segala sikap dan perbuatannya,” kata Ridzal.

Ridzal menjelaskan lebih rinci cara meneladani Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam yaitu dengan sering menyebut namanya melalui shalawat atau melazimkam shalawat kepada Nabi.

“Dalam surah Ahzab ayat 56, Allah berfirman : Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. Makanya, kita umat beriman harus sering-sering bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam,” tegas Ridzal.

Kedua, lanjutnya, dengan melaksanakan sunnah-sunnah Rasul, diantaranya memulai semua aktivitas dengan membaca Bismillah dan mengakhirinya dengan membaca Alhamdulillah.

“Banyak sunnah Nabi, doa sebelum makan, doa masuk kamar mandi, dan Nabi juga menganjurkan untuk berbakti kepada kedua orangtua, ghairul walidain, biasakan berbicara dengan orangtua dengan lemah lembut, mau kemanapun izin dengan orangtua,” tuturnya.

Kemudian, yang ketiga adalah dengan memelihara amanah Nabi, dan keempat bersikap sabar ketika ditimpa masalah dan musibah.

“Nah, anak-anak semua, sebelum kita mengidolakan orang lain, kita idolakan dulu nabi kita Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam, kita ikuti perbuatannya, perkataannya, dan cita-citanya,” ujar Ridzal.

Kegiatan Maulid Nabi diakhiri dengan membaca doa dan penampilan nasyud dari siswa.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan melalui peringatan Maulid Nabi ini siswa dapat meneladani akhlak Rasulullah Muhammad Shalallahualaihiwasallam.

“Kami berharap siswa dapat meneladani Rasulullah dengan beribadan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, berbakti kepada kedua orang tua, menghormati guru sebagai penyampai risalah ilmu sehingga akan bertambah kebarokahannya, yang pada akhirnya akan selalu menjadi anak yang soleh dan sholeha,” tutur Rudiyanto.