Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Kelompok Peternak Ulat Jerman Mendapatkan Pembinaan Dari Tim Pengabdian Unimed

Kelompok Peternak Ulat Jerman Mendapatkan Pembinaan Dari Tim Pengabdian Unimed

Kelompok peternak ulat jerman yang dipimpin oleh Bapak Iwan yang beralamat di jalan Roso Dusun VII, Marindal, Patumbak berdiskusi dengan salah seorang dosen Biologi FMIPA Unimed Bapak Prof. Dr. Drs. Herbert Sipahutar, M.S.,M.Sc dalam pengolahan budidaya ternak ulat jerman. Dari hasil diskusi ini dispakati akan dilakukan pembinaan dan pendampingan kelompok usaha dalam meningkatkan produksi hasil ternaknya. Prof. Herbert yang sering dipanggil namanya di Unimed membentuk tim pengabdian yang beranggotakan Prof. Dr. Karya Sinulingga, M.Si dan Bapak Dedy Husrizal Syah, S.E., M.Si dan Ibu Mutiara Agustina Nasution, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan diawali dengan diskusi dengan mitra sehingga ditemukan permasalahan yang dihadapi mitra dan menyepakati hal-hal yang dapat dicarikan solusinya selama program berlangsung.  Dari hasil diskusi tersebut maka dilakukan upaya peningkatan produksi ternak melalui pembuatan kandang yang efektif sehingga dapat menaikkan hasilnya. Rancangan kendang dikerjakan oleh tim dengan membuat kadang yang relatif sama dengan kendang yang mitra miliki selama ini, tetapi diperkirakan akan dapat menampung ternak yang lebih banyak. Dari hasil yang dirancang oleh tim, dengan ukuran yang sama, mitra selama ini hanya mampu membuat rak untuk ternak sebanyak 24 rak, sementara hasil yang diberikan oleh tim ke mitra adalah 54 rak. Dengan rancangan ini diperkirakan produksi ternak meraka akan dapat meningkat lebih dari 100%.

Peralatan dan pendampingan yang telah dirasakan oleh mitra sangat bermanfaat bagi kelompok ternak untuk menigkatkan produksinya. Bapak Iwan berujar dengan ucapan terima kasih banyak kepada tim pengabdian Unimed. Dia berharap dan sangat optimis bahwa hasil ternaknya dalam periode yang sama akan bertambah paling tidak satu kali lipat. Dengan demikian pendapatan kelompok ternak secara ekonomi akan meningkat pula.(Humas Unimed)