Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNIMED Seleksi Mahasiswa Terbaik untuk Bertanding di KDMI Tingkat Nasional

UNIMED Seleksi Mahasiswa Terbaik untuk Bertanding di KDMI Tingkat Nasional

Universitas Negeri Medan menggelar Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI)Tahun 2024 tingkat Universitas yang dilaksanakan pada 23 April 2024. Kegiatan ini merupakan untuk persiapan tim debat mahasiswa dalam mengikuti tingkat nasional nantinya. Pembukaan acara KDMI dilaksanakan di Ruang Sidang A Unimed Kamis (23/04).

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) diikuti oleh 24 mahasiswa Peserta KDMI Unimed Tahun 2024 dari 7 Fakultas di Lingkungan Unimed yang yang akan dinilai oleh empat orang juri yaitu: Dr. Wisman Hadi, S.Pd., M.Hum., Dr. Muharrina Harahap, S.S., M.Hum, Dr. Isli Iriani Indiah Pane, S.Pd., M.Hum, Hot Maringan Samosir, S.Sos., S.E., M.P.P., CPS dari Medan Debater Forum.

Prof. Dr. Marice, M.Hum  pada saat membuka kegiatan mengatakan Sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas terselenggarakannya kegiatan ini. Saya berharap kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang kita laksanakan tahun 2024 ini, lebih baik dan tetap berpedoman pada panduan secara nasional karena mahasiswa yang terpilih menjadi juara nantinya,  akan mewakili Unimed pada kegiatan yang sama baik tingkat wilayah maupun ditingkat nasional”.

Lanjut Prof. Dr. Marice, Harapan kami kepada mahasiswa bisa memberikan hasil yang maksimal sehingga nanti siapaun perwakilan dan siapapun yang menjadi juara itu adalah hasil yang terbaik.” “Debat bukan hanya lomba berbicara dan berargumen tetapi bagaimana cara mengungkapkan wawasan berpikir, bagaimana bagusnya ketika berdebat dapat menahan emosi, bisa menahan kapan berbicara dan bisa menutup kekurangan kawan satu tim.

Sebagai Ketua Pelaksana Tri Andri Hutapea, S.Si, M.Sc menyampaikan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) merupakan program tahunan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. KDMI tahun ini menggunakan sistem debat British Parlementary, yang akan mengasah kemampuan mahasiswa untuk mengungkap ide pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan menyakinkan publik.

Untuk itu, melalui kompetisi ini, diharapkan mahasiswa UNIMED mampu menunjukkan tingkatan dalam berpikir kritis dan kreatif, menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional berserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.  Sistem pelaksanaan KDMI mengikuti sistem debat parlemen inggris dan mengikuti panduan yang sudah ditetapkan oleh BPTI. Kegiatan ini akan menyeleksi dari 8 tim peserta debat hingga terpilih 1 (satu) tim KDMI UNIMED TERBAIK yang akan mengikuti lomba di tingkat wilayah, hingga tingkat nasional.(Humas Unimed/ms)