Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PERKOTARU | PERJUSA: PERKEMAHAN ORIENTASI ANGGOTA BARU SMK NEGERI 1 MALANG

Halo sobat Pams! Sudah lama tidak menyapa sobat literatur disini. Apa masih ingat dengan kegiatan Perkotaru yang dilaksanakan di bumi perkemahan lapangan SMKN 1 Malang? Tepat pada tanggal 4-5 Agustus 2023 telah dilaksanakan Perkemahan Orientasi Anggota Baru yang diikuti oleh seluruh kelas X dan pembina dari organisasi kepramukaan.

Perkotaru dimulai dengan upacara penerimaan tamu ambalan dengan pembina Kak Andrian Suhardi S.pd, selaku Sekretaris Kesiswaan di SMK Negeri 1 Malang. Apel pembukaan terlaksana dengan lancar tanpa halangan apapun. Proses selanjutnya adalah Shalat Jum’at dan Keputrian bagi siswa/i muslim. Disebabkan Perkotaru dilaksanakan pada hari Jum’at, siswa/i muslim diwajibkan mengikuti sholat Jum’at dan keputrian. Setelah kegiatan beribadah selesai, para siswa X diperbolehkan istirahat untuk makan siang. Istirahat telah selesai, saatnya kegiatan Tekpram (Teknik Kepramukaan) materi yang diulas yaitu: puzzle mat, semaphore, PBB, dan pionering. Siswa/i kelas X sangat antusias mempelajari materi tersebut. Tekpram sendiri ialah Teknik Kepramukaan, karena sangga peserta lebih dari 10 jadinya kita dibagi menjadi 4 kelompok dengan materi yang tentunya berbeda, penjelasan dari materi yang diulas yakni:

  1. Puzzle Mat

Kita diberikan beberapa pasang puzzle agar kita bisa menata dengan baik setiap temanya. 

  1. Semaphore

Diberikan materi Semaphore agar kita mengerti sandi yang berada di Semaphore.

  1. PBB (Peraturan Baris Berbaris) 

Kita diperintahkan untuk mengikuti setiap yang danton suruh, seperti jalan di tempat, maju jalan, dan contoh PBB lainnya. 

  1. Pionering 

Kita melakukan Tali temali seperti yang dicontohkan oleh Kakak ambalan, kita membuat pionering yang membentuk rantai. 

Character Building adalah materi lanjutan yang dibimbing oleh anggota Dewan Ambalan SMKN 1 Malang. Sebelum memulai character building, kita diharuskan membawa kertas bufalo untuk melakukan kegiatan flashcard formation. Para siswa akan dibagi sesuai angka yang dituliskan pada kertas untuk dijadikan sebuah gambar, sehingga akan membentuk  formasi Bendera Indonesia dan Lambang Pramuka.

Menjelang hari mulai gelap, para peserta semakin bersemangat untuk acara yang pasti dinantikan saat melakukan kegiatan perkemahan. Yaitu Upacara Api Unggun yang hanya dilaksanakan jika kita mengikuti suatu perkemahan. Tidak lupa juga dengan inagurasi dari setiap jurusan yang tentunya berbeda. Setiap dari mereka menampilkan bakat dengan sangat berani dan mengagumkan. Sisa dari mereka yakni peserta lainnya yang tidak menampilkan bakat pun juga tak kalah hebat, karena mereka memberikan semangat kepada teman-teman dari kejauhan.

Keesokan harinya pada pukul 04.00 WIB, dilaksanakan sholat subuh berjamaah dan waktunya untuk membersihkan diri. Selepas itu, para peserta diperkenankan untuk menggunakan baju olahraga SMK Negeri 1 Malang. Acara pada pagi hari ini adalah senam pagi dengan acara akan selesai 30 menit ke depan dan dilanjutkan dengan sarapan pagi.

Kegiatan belum berakhir begitu saja, masih terdapat satu kegiatan yang membuat peserta semakin bersemangat untuk melaksanakan kegiatan ini, yaitu kegiatan penjelajahan. Para peserta melakukan penjelajahan hanya di sekitar SMK Negeri 1 Malang agar lebih aman dan nyaman. Diberikan 4 kegiatan yang berbeda, seperti mengambil bola di dalam busa yang berisi sabun dan air, lalu memasukkan bola ke dalam lubang yang berada di terpal dengan mencocokkan angka dan sila Pancasila, setelah itu mereka melakukan keseimbangan tongkat yang berisikan 6 orang dengan harus menjaga satu tongkat agar tidak jatuh, serta kegiatan terakhirnya adalah menggelindingkan bola dari ketinggian lalu turun ke bawah dengan tali pada arahan tangan tangan.

Seluruh kegiatan Perkotaru, selesai pada pukul 09.30 WIB. Para peserta harus siap dengan seragam Pramuka lengkap dan ditutup dengan Upacara Penutupan Perkotaru sekaligus Upacara HUT Pramuka. Tidak lupa dengan Pembongkaran tenda dan juga Operasi Semut yang dilakukan semua peserta, agar keadaan tempat yang disinggahi tetap bersih dan nyaman. Setelah semua kegiatan telah berakhir semua orang diperbolehkan untuk pulang.

Dari sekian panjang dan banyak kegiatan Perkotaru ini, telah terpasang banyak manfaat bagi peserta. Manfaat yang dapat langsung dirasakan, yaitu mendapat pengalaman baru melatih kedisiplinan, bersikap mandiri dan tanggung jawab serta peduli terhadap alam sekitarnya.

Oleh: Kinan dan Bitah