Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pelatihan Juru Gambar “Building Information Modeling (BIM)” dengan TEKLA STRUCTURES

Pelatihan Juru Gambar “Building Information Modeling (BIM)” dengan TEKLA STRUCTURES

smkn2kuripan.sch.id. Kuripan, Sejumlah 60 peserta didik kelas XII DPIB 1 dan 2 (Desain Pemodelan Informasi Bangunan) SMKN 2 Kuripan mendapatkan Pelatihan Juru Gambar “Building Information Modeling (BIM) dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya. Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari ke depan mulai Senin 28 Agustus 2023 hingga Sabtu, 2 September 2023. Pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Meeting SMKN 2 Kuripan dengan pendampingan langsung instruktur Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dan bapak-ibu guru DPIB. Adapun software yang digunakan pada pelatihan juru gambar kali ini adalah Tekla structures.

“Hari ini (Senin, 28/8/2023) sampai hari Sabtu (2/9/2023) adik-adik kelas XII DPIB 1 dan 2 sejumlah 60 peserta didik mendapatkan pelatihan Building Information Modeling (BIM). Pelatihan ini diselenggarakan hasil kerjasaman SMKN 2 Kuripan dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya. Nah, software yang digunakan berbeda dengan yang dipelajari selama ini, selama ini anak-anak belajar AUTOCAD maupun SKETCHUP namun kali ini yg dipelajari adalah TEKLA STRUCTURES. Selain anak-anak kami sertakan bapak ibu guru DPIB dalam pelatihan ini”. Tutur Bapak Muhsin Fahroni, selaku guru DPIB yang menjabat sebagai Waka Kurikulum.

Gambar Peserta didik XII DPIB 1 dan 2 sedang Mengikuti Pelatihan Juru Gambar

Berdasarkan hasil penjelasan instruktur, Tekla structures adalah software pemodelan 3D yang memudahkan penggunanya untuk mereview dan menganalisa secara real dan detail yang nantinya digunakan untuk fabrikasi sebuah konstruksi atau bangunan. Tekla Structures memiliki kelebihan diantaranya:

  1. Multi User, Tekla structures adalah salah satu software 3D yang bisa dikerjakan bersama-sama atau multi-user. Hal ini sangat berguna pengerjaan mega projek seperti stadion bola, kilang minyak onshore dan offshore, jembatan dan lainnya yang membutuhkan banyak designer.
  1. Detail dan Real, Selain itu, tekla menampilkan secara detail dan aktual sesuai yang dilapangan. Jika ada clash atau tabrakan antar material, akan cepat diketahui. Hal ini sangat penting dalam hal dalam fabrikasi, mengingat material selain mahal dan pemesanannya memakan waktu cukup lama.
  1. Report dan Drawing Lengkap, Selain itu, tekla dapat mengeluarkan drawing yang lengkap untuk mempermudah proses fabrikasi seperti general drawing, shop drawing, assembly drawing, single drawing, shape drawing dan lainnya. Tekla struktur juga dapat menampilkan secara detail report tentang quantity, height, weight, area dan semua informasi yang diperlukan.
  1. Integrasi Dengan Software lain, Tekla structures dapat mengeluarkan file yang bisa dibaca dengan baik oleh software lain seperti PDMS, AutoCAD, Pronest, Vernon, NavisWork, SolidWork dan lain sebagainya.

Dengan segala keunggulan tersebut Tekla structures harus didukung oleh perangkat computer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:

  1. CPU: Multi core Intel i5 Series atau diatasnya, Xeon atau AMD dengan performa tinggi juga direkomendasikan.
  2. Memory : Min 16GB, 32GB atau lebih direkomendasikan.
  3. O.S : 64-bit Microsoft Windows 8.1/10 dengan service pack terakhir/terupdate
  4. VGA/Graphics : Min 1600 x 900 resolution, 1920 x 1080 atau lebih direkomendasikan, 1GB atau lebih dari dedicated RAM
  5. Disk Space : 1GB atau space lebih, untuk operational bisa diletakkan di server terpisah.

 

Tim Kurikulum (IW)