Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, sangat peduli dengan dunia pendidikan.

Kepala SMKN 2 Kuripan Lobar H. Mahyudin, S.Ag., M.M.

Lombok Barat – Kepedulian Zul-Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB sangat peduli dengan dunia pendidikan. ditunjukkan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) NTB. Untuk mencapai hasil tersebut, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, orang nomor satu dan nomor dua di NTB terus mendorong agar sekolah sekolah khususnya SMK/SMA dan SLB terus dibenahi.

Salah satunya SMKN 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Di mana sekolah ini menjadi magnet para penuntut ilmu, sebagai tempat mereka belajar.

Kepala SMKN 2 Kuripan Lobar H. Mahyudin, S.Ag., M.M. mengaku, perhatian bapak Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, terhadap pendidikan sangat di rasakan. Pasalnya beberapa capaian yang sebelumnya belum pernah tercapai, alhamdulilah kini semuanya sudah jadi nyata.

“Alhamdulillah, berkat perhatian pemerintah Provinsi NTB, banyak terobosan dan capaian sukses kita gapai, khususnya kami di SMKN 2 Kuripan, yang kini alhamdulillah jadi magnet bagi para penuntut ilmu,” katanya.

Beberapa capaian berkat perhatian bapak Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, diantaranya SMKN 2 Kuripan kini sudah menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan) dan SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

BLUD SMK sendiri merupakan unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah provinsi yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama peserta didik berupa barang/jasa tanpa mengutamakan mencari keuntungan.

Pada SMK yang sudah BLUD akan diberikan fleksibilitas dalam bentuk keleluasaan pengelolaan keuangan atau barang BLUD SMK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Melalui BLUD SMK, diharapkan impelementasi teaching factory dan PBL benar-benar menjadi wadah simulasi industri bagi peserta didik untuk dapat mengasah kompetensinya serta melahirkan berbagai produk-produk unggulan yang layak untuk dipasarkan di masyarakat.

Selanjutnya, SMKN 2 Kuripan sukses dalam berbagai kegiatan seperti Lomba LKS SMK Tingkat Nasional dan berbagai lomba lainnya.

Lebih dari itu, bapak Kabid SMK NTB Khairul Ikhwan, selalu menekankan agar SMK menjalankan peraturan Gubernur no 75 tahun 2020 tentang Revitalisasi SMK.

“Dalam roadmaps itu sudah ada target dan SMKN 2 Kuripan sudah menjalankan 11 strategi SMK Gemilang Karya,” tutupnya.