Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Peringati Dies Natalis ke-63, Fikom Unpad Terus Tingkatkan Kiprahnya di Dunia Komunikasi

Peringati Dies Natalis ke-63, Fikom Unpad Terus Tingkatkan Kiprahnya di Dunia Komunikasi

Laporan oleh Nur Aini Rasyid

[Kanal Media Unpad] Memasuki usia 63 tahun, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) menggelar peringatan Dies Natalis secara hibrid dari Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad pada Senin (18/9/2023).

Dalam perayaan tersebut, Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., menyampaikan bahwa sejak berdiri pada tahun 1960, Fikom Unpad telah berkiprah di dunia pendidikan komunikasi, baik dalam kancah nasional maupun internasional.

Sampai saat ini program studi di Fikom Unpad masih mempunyai peminat yang cukup tinggi dalam berbagai skema seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Tercatat, pada tahun 2023, tingkat keketatan Fikom Unpad berada di angka 1:20,9% dengan jumlah pendaftar mencapai 14.719 orang. Capaian ini pun menjadikan Fikom sebagai salah satu fakultas dengan tingkat keketatan tertinggi di Universitas Padjajaran.

Dalam pidatonya, Dadang juga mengungkapkan sejumlah prestasi Fikom Unpad dalam berbagai hal. Mulai dari prestasi mahasiswa di bidang akademik dan olahraga, kegiatan mahasiswa yang go-international, penerbitan dan publikasi jurnal ilmiah bereputasi, hingga pengadaan hubungan kerja sama berskala internasional.

“Upaya aktivitas internasionalisasi sebagai bagian dari Praja Brata, Fakultas Ilmu Komunikasi di antaranya tetap mengadakan berbagai seminar dan konferensi nasional maupun internasional,” ungkap Dadang.

Lebih lanjut lagi, Dadang menjelaskan Fikom Unpad masih meneruskan tradisi akademik dan kerja sama internasional yang dirintis oleh para pendahulunya. Dalam beberapa waktu ke depan, Fikom Unpad akan menyelenggarakan beberapa kegiatan internasional akademik.

Dalam waktu dekat, kegiatan yang akan digelar yaitu International Conference Padjadjaran Communcation Conference A-Series (PCCS) sebagai wahana kolaborasi dan performa riset. Konferensi ini akan disubsitusi dengan penyelenggaraan 29th Asian Media Information and Communication Centre (AMIC) Annual Conference pada akhir September mendatang di Bandung.

Menutup pidatonya, Dadang berkata dalam memperingati Dies Natalis Fikom Unpad ke-63, Fikom Unpad telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dengan tema “Komunikasi, Kolaborasi, dan Harmoni”.

“Maka, tetap menjadi kewajiban moral akademis bagi Fikom sebagai fakultas yang menyandang komunikasi sebagai kajian utamanya untuk terus berinisiatif, to make communication better dalam konteks keberlanjutan, harmoni, sosial, dan kemanusiaan,” kata Dadang.

Puncak peringatan Dies Natalis Fikom ke-63 ini diisi dengan pembacaan Orasi Ilmiah oleh dosen Fikom Unpad Dr. Herlina Agustin, MT. dengan judul “Spektrum Pengembangan Komunikasi Lingkungan”, dan Dr. Edwin Rizal, M.Si. dengan judul “Strategi Penguatan Literasi Bencana Menuju Masyarakat Tangguh Bencana”. Acara juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H. (art)*