Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PESERTA DIDIK SMAN 1 PURI LAKSANAKAN P5 DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI

PESERTA DIDIK SMAN 1 PURI LAKSANAKAN P5 DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI

Senin (18/09/2023) peserta didik kelas XI melaksanakan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya.

Selama 2 minggu peserta didik kelas XI SMAN 1 Puri mempersiapkan untuk proyek P5. Dengan tema Suara Demokrasi, peserta didik mengangkat topik yang sedang hangat di masyarakat yakni Pemilihan Presiden.

Rangkaian kegiatan dipersiapkan dengan matang, mulai dari kampanye oleh Calon Presiden, pembuatan TPS (Tempat Pemungutan Suara) hingga perhitungan suara untuk menentukan siapa yang akan menjadi Presiden. Pada proyek ini peserta didik diarahkan untuk dapat mengerti setiap tahapan proses pemilihan sesungguhnya. Peserta didik juga mengambil peran masing-masing, seperti menjadi Presiden, Wakil Presiden, MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), Bawaslu, Ketua KPU, dll hingga warga yang hendak mencoblos. 

Proses pemungutan suara bertempat di kelas masing-masing, sedangkan proses perhitungan suara berada di Lapangan Castle Arena SMAN 1 Puri. Setelah suara terbanyak ditetapkan, prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berjalan dengan memuat aturan terkait tata cara pelantikan berikut juga sumpah Presiden dan Wakil Presiden.



Di akhir acara kelas yang terbaik mendapatkan reward dari sekolah yang diserahkan langsung oleh Ibu Luluk Fajriyah, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.