Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Gelar Pengukuhan dan Orasi Ilmiah 9 Guru Besar Baru

Unpad Gelar Pengukuhan dan Orasi Ilmiah 9 Guru Besar Baru

[Kanal Media Unpad] Sebanyak sembilan guru besar Universitas Padjadjaran menjalani Upacara Pengukuhan dan Orasi Ilmiah Jabatan Guru Besar yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (26/9/2023) hingga Rabu (27/9/2023). 

Upacara pengukuhan yang dibuka oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan dipimpin oleh Ketua Dewan Profesor Unpad Prof. Arief Anshory Yusuf tersebut digelar dalam empat sesi. 

Hari pertama, Pengukuhan dan Orasi Ilmiah dijalani empat guru besar baru dari Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Pada sesi pertama, guru besar yang dikukuhkan, yaitu Prof. Dr. Nia Kurniati, S.H., M.H., dalam bidang Ilmu Hukum Agraria dan Prof. Dr. Sinta Dewi, S.H., LLM., dalam bidang Ilmu Hukum Siber pada Fakultas Hukum.

Di sesi kedua, guru besar yang dikukuhkan, yaitu Prof. Dr. Tomy Perdana, M.M., dalam bidang Ilmu Agribisnis pada Fakultas Pertanian, serta Prof. Dr. Ir. Sumanti Debby Moody, M.S., dalam bidang ilmu Mikrobiologi Pangan pada Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian.

Hari kedua, Pengukuhan dan Orasi Ilmiah dijalani lima guru besar baru dari Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, dan Fakultas Peternakan. Pada sesi pertama, guru besar yang dikukuhkan adalah tiga guru besar, yaitu Prof. Dr. Ir. Betty Natalie Fitriatin, M.P., dalam bidang Ilmu Mikrobiologi Pertanian, Prof. Dr. Agus Susanto, M.Si., dalam bidang Ilmu Hama Tanaman, dan Prof. Dr. Ir. Mieke Rochmini Setiawati, M.P., dalam bidang Ilmu Mikrobiologi Pertanian.

Di sesi kedua, guru besar yang dikukuhkan, yaitu Prof. Dr. Toni Toharudin, M.Sc., dalam bidang Ilmu Sains Data pada Fakultas MIPA dan Prof. Dr. Ir. Yuli Astuti Hidayati, M.P., dalam bidang Ilmu Mikrobiologi dan Penanganan Limbah Peternakan.*