Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Deakin University dan Lancaster University Kunjungi UT Pusat

Deakin University dan Lancaster University Kunjungi UT Pusat

Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari perwakilan Deakin University, Australia dan Lancaster University, Inggris pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 bertempat di ruang rapat nit Pengembangan Pembelajaran Dalam Jaringan Indonesia atau lebih dikenal sebagai Indonesia Cyber Education (ICE) Institute. Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis UT, Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. menerima para tamu dengan hangat didampingi oleh Wakil Dekan I FKIP-UT, perwakilan ICE Institute, dan Kepala Subdirektorat Kerja Sama dan Urusan Internasional.

Bapak John Bolton selaku Executive Director for Global Branch Campuses (Indonesia and India) dan Senior Strategic Advisor dari Deakin University menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan adalah untuk mengenal UT sebagai pionir pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di Indonesia serta ingin mengenal ICE Institute. Dalam diskusi beliau menanyakan banyak hal terkait pengelolaan pendidikan jarak jauh, produksi bahan ajar cetak dan versi digital, perkembangan jumlah mahasiswa, dan penyelarasan antara kompetensi mahasiswa dengan kebutuhan industri. Pada kunjungannya kali ini, beliau juga menyampaikan bahwa Deakin University sedang merintis izin pembukaan kampus Deakin University di Indonesia yang akan berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat.

Ibu Citta Sellepan selaku Advisor dari Deakin dan Lancaster University Indonesia menerangkan bahwa Deakin University dan Lancaster University akan membuka joint-campus pertama kali di Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa perizinan untuk pembukaan kampus asing di Indonesia cukup sulit karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi sesuai peraturan pemerintah Indonesia.

Bapak Rahmat Budman, Ph.D. merespon positif rencana pembukaan joint-campus dari dua universitas terkemuka tersebut. Beliau juga menyampaikan harapan agar UT dan Deakin University serta Lancaster University bisa mempererat kerja sama dalam bentuk staff exchange, studi lanjut bagi dosen UT disana, juga kolaborasi dalam penelitian dan publikasi. Sebagai penutup, delegasi dari Deakin University dan Lancaster University berkesempatan untuk ramah tamah dan mengunjungi Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia UT.