Rabu, 08 Mei 2024
Pondok Pesantren

Peringati 100 Tahun Gontor: 10.000 Alumni Gontor Gelar Tajammuk dan Jalan Sehat di Monas Jakarta

Peringati 100 Tahun Gontor: 10.000 Alumni Gontor Gelar Tajammuk dan Jalan Sehat di Monas Jakarta

Jakarta — Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, salah satu lembaga pendidikan pesantren terkemuka di Indonesia, merayakan tonggak sejarah pentingnya perjalanan kiprahnya di dunia pendidikan dengan memasuki usia ke-100 tahun.

Dalam rangka memeriahkan momentum itu, sekitar 10.000 Alumni Gontor, Santri dan Wali Santri akan menggelar acara “Tajammuk” (kumpul bersama), dan Jalan Sehat di Tugu Monas, Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2023.

“Kegiatan ini merupakan momentum penting bagi kami untuk memberikan penghormatan sekaligus ungkapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala nikmat-Nya, Pondok Gontor telah berusia satu abad lebih berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia,” ujar KH. Sofwan Manaf, Steering Committee acara sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Jakarta dalam Konferensi Pers yang digelar di Kemang, Jakarta (20/10/2023).

Drs. K.H. Sofwan Manaf, M.Si. selaku Steering Committee kegiatan tajammu’ dan jalan sehat.

KH. Sofwan menjelaskan, kegiatan “Tajammuk”, dan Jalan Sehat di Monas, Jakarta ini, merupakan rangkaian dari kegiatan Peringatan 100 Tahun Gontor yang sebelumnya sudah digelar di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, pada tanggal 27 September 2023.

“Dengan spirit persatuan dan kebhinekaan NKRI, kali ini kami ingin membawa rasa syukur kami ini ke masyarakat kota Jakarta. Memadukan antara mengenang sejarah panjang Gontor dengan Do’a bersama di Monas dan menyongsong masa depan yang lebih baik dengan jalan sehat di Car Free Day,” jelas KH. Sofwan.

Rangkaian kegiatan Tajammuk dan Jalan Sehat ini akan dimulai pukul 05.30 hingga pukul 10.00 WIB, yang diawali dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan Hymne “Oh Pondokku”. Pimpinan Pondok Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal, dijadwalkan akan melepas langsung start jalan sehat dari pintu Barat Daya Monas (Patung Kuda) hingga bunderan HI dan kembali lagi ke Monas.

“Ini bukan sekedar milad, ini acara yang luar biasa, 100 tahun itu berarti Gontor sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Sudah banyak yang dilakukan Gontor untuk negeri ini. Saya ingin ucapkan terima kasih kepada siapa saja yang ikut mensukseskan acara ini,” kata Ketua Umum Panitia Peringatan 100 Tahun Gontor, KH. Husnan Bey Fananie.

“Ini momentum yang sangat indah bagi kami terutama keluarga besar Pondok Modern Gontor. Ayo kita bersenang-senang menjaga kebersihan dan menjaga ketertiban selama acara berlangsung,” kata Ketua IKPM Gontor DKI Jakarta, KH. Masrur Syamhari.

Wakil Ketua MPR RI, Dr. KH. Hidayat Nur Wahid bersama dengan wartawan dalam Press Conference.

Sementara itu Jubir Panitia peringatan 100 Tahun Gontor, Luqman Hakim Arifin menjelaskan acara ini setidaknya akan diikuti oleh ribuan alumni, walisantri dan simpatisan Pondok Modern Gontor.

“Tercatat, insyaAllah kegiatan ini akan diikuti oleh kurang lebih 10 ribu alumni, santri dan wali santri Gontor, dari berbagai daerah. Atas nama panitia kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik,” ujar Luqman Hakim Arifin, Jubir Kepanitiaan di lokasi konferensi pers.

Selain Tajammuk dan jalan sehat, Peringatan 100 tahun Gontor ini juga akan dimeriahkan dengan atraksi santri dari pelbagai pesantren alumni Gontor di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Mulai dari Marching Band, Reog Ponorogo, Debus Banten, Singa Depok, Pantomim, Hadroh, Silat, Paskibra, Pramuka, Ondel-ondel Jakarta, Tari Saman, Tari Nusantara dan lain-lain.

“Meski persiapannya agak mepet, tapi kami semua sangat siap dan antusias. Ini momentum yang pas untuk bersyukur mengenang jasa para kiai dan santri, khususnya pendiri Gontor yang telah berjasa mendidik kita semua. Kami semua bangga sebagai santri,” tambah Luqman.

Hadir dalam konferensi pers kegiatan Tajammuk dan Jalan Sehat 100 Tahun Gontor di Monas, antara lain, Dr. KH. Hidayat Nur Wahid (Wakil Ketua MPR), Dr. KH. Lukman Hakim Saifuddin (Mantan Menteri Agama), Prof. Dr. Husnan Bey Fananie (Manta Dubes RI untuk Azerbaijan), KH. Sofwan Manaf (Pimpinan Pesantren Darunnajah Jakarta), KH. Masrus Syamhari (Ketua IKPM Gontor DKI Jakarta), Luqman Hakim Arifin (Wakil Ketua Komisi Informasi DKI Jakarta), dan lain-lain.

Contact Person:

Hafiz Eddy Marshal 62 811 9559 555
Zakiyanto Arief 62 817 732 635

Staf Hubungan Masyarakat PMDG.

Related Articles:

Wujud Kesyukuran Menginjak Usia ke- 100 Tahun, Gontor Laksanakan Sujud Syukur

Kesyukuran Menuju Usia 100 Tahun, Santri dan Alumni PMDG Adakan Khatmu-l-Qur’an Serentak

Kick off 100 Tahun Gontor, Resmikan Penulisan Mushaf Gontor