Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kesehatan Pegawai Jadi Prioritas Utama UT

Kesehatan Pegawai Jadi Prioritas Utama UT

Di tengah kesibukan dan tuntutan hidup yang semakin meningkat, sering kali kita cenderung mengabaikan aset yang paling berharga yaitu kesehatan kita sendiri. Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pegawai, Universitas Terbuka (UT) mengadakan Medical Check Up (MCU) yang diselenggarakan di UTCC pada Senin (23/10/2023). Kegiatan MCU ini akan berlangsung selama 4 hari ke depan hingga hari Jumat. MCU terselenggara atas kerja sama UT dengan provider asuransi Mandiri Inhealth dan RS EMC, Bintaro. Hadir pada MCU hari pertama Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya dan Umum, Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si., perwakilan dari Mandiri Inhealth Ibu Trya Kusmiati dan Bapak Dewanto Permadi, serta Kepala Cabang Mandiri Pondok Cabe, Ibu Nuryati.

Ditemui di sela-sela kunjungannya ke UTCC, Prof. Ali mengungkapkan bahwa MCU akan menjadi program yang akan rutin diselenggarakan untuk memastikan seluruh pegawai UT dalam kondisi yang fit. Jika pun ada yang harus ditangani, tidak terjadi hal-hal yang fatal. Lanjutnya beliau menambahkan, bahwa MCU sebagai pembuktian komitmen UT untuk terus menjaga kesehatan pegawai. Prof. Ali berharap semua pegawai UT dalam keadaan yang sehat. UT memberikan alokasi kesehatan berupa asuransi untuk berobat jalan bahkan rawat inap. Dari hasil MCU ini diharapkan pegawai dapat melakukan yang terbaik untuk kepentingan kesehatannya agar dapat bekerja di UT dengan kondisi yang sehat, aman, nyaman dan optimis.

Sebagai provider asuransi kesehatan, Ibu Trya Kusmiati, menyampaikan bahwa salah satu layanan Mandiri Inhealth tidak hanya ketika peserta sakit, namun juga salah satu bentuknya preventif dan promotif adalah dalam bentuk MCU. Dimana MCU sudah ada dalam bentuk benefit di Mandiri Inhealth UT. Melalui keteranganya, MCU untuk UT Pusat akan berlangsung satu minggu sampai dengan hari jumat. Untuk UT seluruh Indonesia sudah berlangsung dari awal Oktober. Di akhir wawancara, beliau berharap semoga seluruh pegawai UT dalam keadaan yang sehat.

Sebagai kepala cabang Bank Mandiri Pondok Cabe, Bu Nuryati, mengaku bangga Mandiri Inhealth selaku anak perusahaan bank Mandiri bisa bekerja sama dengan Universitas Terbuka. Diharapkan ke depan, kerja sama ini masih akan berlanjut.  MCU yang dilakukan diantaranya adalah pemeriksaan darah, mata, fisik, rontgen, dan gigi. Pegawai UT terlihat sangat antusias, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pegawai yang mengikuti MCU. Pada hari pertama terpantau melakukan MCU dari unit Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia, Pusat Pengelolaan Pembelajaran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Senat.

Penting untuk mengingat bahwa kesehatan adalah kekayaan sejati, bukan perak atau emas.

Mahatma Gandhi