Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pembelajaran di Luar Kelas

Pembelajaran di Luar Kelas

Untuk merasakan langsung perihal materi yang sedang dipelajari dan mendapatkannya secara langsung di dunia nyata, siswa kelas X SMAN 1 Godean melakukan kunjungan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis 19 Oktober 2023 dengan lokasi di Semarang, Jawa Tengah. Pembelajaran di luar kelas diikuti oleh 212 peserta didik dengan dua puluh orang guru pendamping. 

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke PT. Nissin Biscuit Indonesia Semarang. Di perusahaan yang terletak Jl. Raya Semarang Salatiga KM. 23 ini, peserta didik belajar secara langsung tentang proses produksi, pengemasan, dan pemasaran. Pada bagian lain peserta didik juga mengunjungi museum Nissin Ungaran. Di museum ini peserta didik dapat melihat sejarah perkembangan PT. Nissin Indonesia sejak awal berdiri tahun 1977 sampai sekarang. Terdapat replika bahan baku, proses produksi, varian produk dan lain lain.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Museum Negeri Jawa Tengah Ronggowarsito. Museum yang diresmikan tanggal 5 Juli 1989 ini memiliki aneka ragam koleksi yang dapat menjadi sumber belajar siswa. Melalui penjelajahan area lantai satu, peserta didik mempelajari tentang geografi, geologi, budaya, kerajinan peninggalan hindu-budha di Jawa Tengah dari zaman ke zaman. Di lantai dua siswa belajar tentang palaentologi, keramik, batik, teknologi dan kerajinan tradisional, teknologi industri dan transportasi, dan beragam model kerajinan rumahan.

Kunjungan terakhir adalah ke Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang. Di taman bunga yang berlokasi di Jl. Candi Gedong Songo ini, siswa menikmati keindahan taman bunga di area yang sangat luas. Sambil menikmati udara segar kaki Gunung Ungaran siswa mengamati keanekaragaman hayati buatan seperti taman kaktus, rainbow wisteria, vertical garden, tropical garden, flowing hand, dan masih banyak lagi. Dan yang cukup menarik adalah penataan taman yang sangat estetik sehingga siswa menjadikannya sebagai spot berfoto ria.(suharyadi)