Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

LDKS SEBAGAI AWAL BARU PERJALANAN BAGI PENGURUS OSIS BARU SMA NEGERI 1 PEMALI PERIODE 2023/2024

LDKS SEBAGAI AWAL BARU PERJALANAN BAGI PENGURUS OSIS BARU SMA NEGERI 1 PEMALI PERIODE 2023/2024

 

Sebagai keberlanjutan dari pelaksanaan pemindahan tongkat estafet kepemimpinan, SMA Negeri 1 Pemali melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para pengurus OSIS baru terpilih.

Dilaksanakan selama 3 hari, sejak 19-21 Oktober 2023. Tempat pelaksanaannya sendiri terbagi menjadi dua, hari pertama hingga hari kedua dilaksanakan di Pendopo SMA Negeri 1 Pemali sementara hari terakhir dilaksanakan di Pantai Temberan.

LDKS ini ditujukan bagi para pengurus OSIS terpilih guna mengenalkan mereka tentang dunia keorganisasian juga tentang kepemimpinan yang baik dalam suatu organisasi. Selama dua hari berturut para pengurus baru dibekali berbagai macam materi tentang menjadi bagian dari suatu organisasi dan mengundang orang-orang yang memiliki keahlian di suatu bidang dalam organisasi.

Sementara itu, di hari ketiga para pengurus OSIS baru tersebut menjalankan rangkaian kegiatan yang mengharuskan mereka untuk dapat bekerja dengan baik dalam sebuah kelompok. Dilaksanakan di Pantai Temberan selama 1 hari 1 malam. Para pengurus OSIS baru mengikuti beberapa macam games yang mengharuskan kerja sama tim.

Ghifari Ramadhana, ketua OSIS terpilih untuk periode 2023/2024, menyebutkan bahwa LDKS yang diikutinya ini benar-benar unik, banyak kejutan yang diberikan oleh pengurus OSIS periode 2022/2023 selaku panitia.

“LDKS kemarin bener-bener unik. Para panitianya bisa bikin kondisi emosional peserta kaya roller coaster. Pas siang sampe malam sangat menyenangkan sekaligus mengharukan saat renungan malam. Esok harinya ketika outbound semua kembali bahagia, nah di situ keren banget. Karena dalam waktu 1 hari banyak sekali emosi yang tercampur aduk.” ujar Ghifari.

LDKS ini memang ditujukan agar para pengurus OSIS baru dapat saling mengenal sesama mereka dan juga menumbuhkan rasa keterikatan antar sesama pengurus baru.

Selain itu, Lela Lestari, S. Pd. selaku pembina OSIS SMA Negeri 1 Pemali menyebutkan LDKS ini berjalan dengan baik.

“Menurut Ibu, kegiatan LDKS kemarin berjalan lancar. Peserta mengikuti dengan antusias. Dengan adanya LDKS ini dapat memberikan pembekalan kepada mereka bagaimana untuk menjalani tugasnya dalam keorgansasian sebagai pengurus OSIS yang baik. Seperti, bagaimana mereka harus berkerja sama dalam membuat tenda, rasa peduli dan solidaritas tumbuh pada diri mereka dalam mengikuti kegiatan. Jadi sangat membantu mereka untuk dapat bekerja dalam tim.” tutur Lela.

Penulis: Tiur Rizki Sitinjak, Tim Jurnalistik OSIS SMA Negeri 1 Pemali