Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

STUDI LAPANGAN SMANSALI KE STASIUN METEOROLOGI DEPATI AMIR

STUDI LAPANGAN SMANSALI KE STASIUN METEOROLOGI DEPATI AMIR

Kamis, 9 November 2023, hari itu Tim Olimpiade Sains SMA Negeri 1 Pemali bersama  para pembina berkunjung ke BMKG Stasiun Meteorologi Depati Amir yang berlokasi di Pangkalpinang. Kegiatan studi lapangan ini diikuti  11 pembina dan 74 siswa yang merupakan Tim Olimpiade Sains SMAN 1 Pemali. Studi lapangan dilakukan dalam rangka edukasi dan observasi untuk meningkatkan program pembinaan dan bimbingan Tim Olimpiade Sains SMAN 1 Pemali.

Kedatangan rombongan  disambut dengan baik oleh Bapak Kurniaji selaku Ketua tim kerja bidang data dan informasi beserta para observer. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pemaparan materi dari bagian data dan informasi, dan bagian pengamatan cuaca. Sebelum siswa mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan, siswa dibagi menjadi dua tim agar dapat bergantian untuk mendengarkan materi.

Dalam pemaparan materi mengenai data dan informasi, siswa mendapat edukasi tentang proses pembuatan prakiraan cuaca dan peringatan dini. Tak hanya itu, siswa juga diperkenalkan dengan STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Dalam pemaparan materi mengenai pengamatan cuaca, siswa dijelaskan tentang bagaimana mekanisme pengiriman data dari stasiun ke bandar udara menggunakan display AWOS (Automated Weather Observing System) dan kegunaan alat-alat meteorologi. Selain itu, siswa juga diajak langsung untuk mencoba praktik menggunakan beberapa alat-alat meteorologi yang digunakan untuk melakukan pengamatan cuaca seperti thermometer bola basah dan bola kering, penakar hujan OBS, Campbell stokes, barograph, mengukur curah hujan menggunakan ombrometer, praktik membaca suhu pada termometer basah-kering (BB-BK), membaca pias matahari dan mengamati radar cuaca. Setelah itu para siswa dan guru juga diajak ke ruang observasi untuk melihat aktivitas pengamat cuaca dari observer yang bertugas. Para siswa tampak sangat antusias mendengarkan dan praktik mencoba berbagai peralatan yang disediakan.

Pada akhir kegiatan, dilakukan sesi foto bersama yang diikuti oleh bapak Kurniaji dan observer Stasiun Meteorologi Depati Amir beserta seluruh rombongan yang hadir. Melalui kegiatan studi lapangan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa terkait BMKG, cuaca dan iklim.

Ditulis oleh : Novia Pastiani