Selasa, 21 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

KUATKAN LITERASI GURU MELALUI MICROLEARNING

KUATKAN LITERASI GURU MELALUI MICROLEARNING

Foto : Kegiatan pengimbasan microlearning oleh guru SMP Negeri 4 Pakem

SMPN 4 Pakem – Sekolah yang dikenal dengan jargon ‘Sekolah Berkarakter Juara’ menyelenggarakan pelatihan Microlearning untuk penguatan literasi baca tulis, literasi numeric, dan literasi sains. Pelatihan Microlearning diadakan  pada Rabu, 17 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMPN 4 Pakem serta beberapa guru dari SMPN 3 Pakem. Dengan pengembangan microlearning ini diharapkan guru dan bermuara pada peserta didik dapat menguatkan literasi dan kompetensi abad 21. Literasi dan kompetensi abad 21 akan diukur dengan berbagai asesmen dan survei. Salah satu pengukuran melalui survei PISA.  Dengan penguatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu serta relevansi hasil pendidikan ke arah yang lebih baik.

Pembelajaran Microlearning merupakan strategi merancang konten belajar menjadi segmen-segmen kecil dan terfokus. Konten-konten yang dimaksud berupa learning object: video singkat, infografis, gambar, artikel, atau kutipan. Harapannya microlearning mampu membuat proses pembelajaran dalam e-learning lebih efektif.

“Penyajian dengan strategi microlearning menghasilkan jenis konten yang singkat, praktis, dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja ketika dibutuhkan sehingga efektif,” jelas ibu Serli Evidiasari, S.Pd., selaku pembicara.