Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SUARA DEMOKRASI PEMILIHAN KETUA OSIS SEBAGAI IMPLEMENTASI P5

SUARA DEMOKRASI PEMILIHAN KETUA OSIS SEBAGAI IMPLEMENTASI P5

Assalammu’alaikum Wr Wb????????
Dimanapun kalian berada ????
 

SMYTITANEWS – Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah momen penting dalam kehidupan sekolah. Proses demokrasi dalam pemilihan ini tidak hanya melibatkan para kandidat yang berlomba untuk jabatan, tetapi juga melibatkan seluruh anggota sekolah yang berhak memberikan suara. Suara demokrasi ini merupakan representasi dari kehendak dan aspirasi para siswa, sekaligus menjadi cermin dari karakter mereka sebagai pelajar Pancasila.

Pemilihan Ketua OSIS yang dilakukan melalui proses demokrasi memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Melalui pemilihan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap mencintai tanah air dan bangsa.

SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo menyelenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023/2024 pada Rabu (29/11/2023). Pemilihan ini dilakukan melalui proses demokrasi yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemungutan suara. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terlihat antusiasme para siswa-siswi saat mengikuti rangkaian pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo. Pemilihan dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 12.00 WIB.

Pesta Demokrasi Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo diawali dengan sambutan oleh Kepala SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo Bpk Drs. Hasyim Ashari, M.M. “Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS periode 2023/2024 adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini dan merupakan implementasi dari P5.  Sebelum memasuki puncak kegiatan pemilihan, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan rangkaian kegiatan sebagai tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yaitu sebagai berikut.

  1. Pemilihan ketua dan anggota Komisi Pemilihan OSIS (KPO),
  2. Pemutakhiran data pemilih dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT),
  3. Pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS serta pengumpulan berkas,
  4. Pemeriksaan dan verifikasi berkas bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS,
  5. Pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut bakal calon,
  6. Penyampaian visi-misi bakal calon,
  7. Penetapan calon ketua dan wakil ketua OSIS serta penetapan nomor urut calon,
  8. Orasi dan debat tiga pasang calon terpilih,
  9. Pemilihan dan perhitungan suara, dan
  10. Pengumuman ketua dan wakil ketua OSIS terpilih periode 2023/2024.

Berdasarkan beberapa tahapan di atas ditetapkan nomor urut 1 pasangan calon Arnesya Mia A – Yafi’ah Nabilah P A, nomor urut 2 pasangan calon M. Daffa Fachriza F – Reyhandre R, nomor urut 3 pasangan calon M.Ibnu Ramadhani P P – Alivia Choirun Nisa, nomor urut 4 pasangan calon Sabrina Aufa Z – Lilis Setyawati N, serta nomor urut 5 pasangan calon M. Wildan Nabil R – Lexsa Novita Sari. Hasil dari pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIS ini di tetapkan kandidat nomor urut 2  M. Daffa Fachriza F – Reyhandre R sebagai calon terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMK YPM 3 Taman – Sidoarjo periode 2023/2024.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional 2023, Suasana berubah haru, manakala kelompok para anggota osis menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”. Satu persatu anggota OSIS kemudian maju ke hadapan segenap guru dengan membawakan Bingkisan sebagai tanda Terima Kasih karena sudah menjadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

SMK Bisa! SMK Hebat! SMK YPM 3 Taman Luar Biasa, Unggul dan Juara!

Cari Tau Lebih Lanjut Yuks Tinggal Klik ????????????????

????????

 
Kepoin SMK YPM 3 Taman yuk :
???? 031 788 3449
???? 0895 2370 8455
???? SMK YPM 3 TAMAN
https://www.instagram.com/smkypm3taman/
https://www.facebook.com/Smk-Ypm-3-Taman-Sidoarjo-1184979134971765/?ref=page_internal