Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Presiden UNIDA Gontor dan Dubes Turki: Rencana Undang Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan

Presiden UNIDA Gontor dan Dubes Turki: Rencana Undang Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan

Presiden Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., dan Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. melakukan pertemuan yang sangat penting dengan Duta Besar Turki untuk Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. Talip Kücukcan di Jakarta (4/1/2024). Selain beliau berdua, turut hadir pula Wakil Rektor II UNIDA Gontor Assoc. Prof. Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. dan Dosen UNIDA Gontor Dr. Henri Shalahuddin, MIRKH. Pertemuan tersebut tidak hanya menghadirkan suasana yang akrab. Tetapi, juga membuka pintu peluang kerjasama yang luas antara UNIDA Gontor dan berbagai perguruan tinggi di Turki.

Dalam forum tersebut, secara detail dibahas potensi kerjasama di berbagai bidang, mulai dari pertukaran akademisi hingga proyek penelitian bersama. Selain itu, mereka turut membicarakan rencana mengundang Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan, untuk menghadiri acara Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor. Diskusi kerjasama ini menjadi pusat perhatian, menandakan tekad kedua belah pihak untuk memperkuat ikatan bilateral di bidang pendidikan dan penelitian.

Bukan hanya itu, Rektor dan Presiden UNIDA Gontor secara khusus mengajak HE Ambassador Talip untuk mengunjungi UNIDA Gontor tahun ini. Kehadiran beliau diharapkan dapat lebih mendekatkan kerjasama dan mempererat hubungan antara Turki dan Indonesia melalui pendidikan tinggi.

Presiden UNIDA Gontor dan Dubes Turki

Dalam rangka memperkaya wawasan dan meningkatkan fasilitas di UNIDA Gontor, HE Ambassador Talip memperkenalkan program TIKA. TIKA merupakan salah satu lembaga di bawah Kementerian di Turki yang fokus pada pemberian bantuan dana untuk pengadaan laboratorium dan peralatan medis. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan, terutama untuk Fakultas Kedokteran di UNIDA Gontor.

Sebagai informasi, HE Ambassador Talip merupakan seorang Profesor Sosiologi di Universitas Marmara, Turki. Tidak hanya itu, beliau juga aktif sebagai seorang politisi dan menjadi anggota parlemen di Turki. Pengetahuan dan pengalaman beliau di berbagai bidang ini membawa warna tersendiri dalam diskusi. Hal tersebut menunjukkan keseriusan dan antusiasme beliau terhadap kerjasama dengan UNIDA Gontor.

Dengan senang hati, HE Ambassador Talip menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke UNIDA Gontor dan menyatakan telah mendengar tentang UNIDA Gontor sejak lama. [Muhamad Fikrul Umam/Ed: Ahmad Kali Akbar]