Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

KMI Bekali Santri dengan Manasik Haji

KMI Bekali Santri dengan Manasik Haji

DARUSSALAM- Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) baru saja mengadakan praktik Manasik Haji. Hal tersebut merupakan agenda tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh santri baru KMI. Sebanyak 14 orang bapak guru turut disertakan untuk membimbing jalannya kegiatan tersebut. Mereka merupakan para bapak guru KMI yang menjadi pengajar mata pelajaran Fiqh di kelas 1, 1 Intensif dan kelas 2 akselerasi.

Kegiatan Manasik Haji dilaksanakan selama 4 hari, terhitung dari Senin (8/1) sampai dengan Kamis (11/1). Setiap kelas akan melaksanakan praktik secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebagian kelas mendapat jadwal pada jam pelajaran ke 1 dan 2, serta ada pula yang diadakan pada jam ke 3 dan 4.

Persiapan dari kegiatan tersebut juga bisa dibilang sangat matang. Staf KMI selaku panitia telah menyediakan miniatur bangunan Ka’bah yang digunakan untuk mempraktikkan ibadah Thawaf. Tak hanya itu, panitia juga telah menempelkan penanda untuk tempat-tempat tertentu. Misalnya bukit Shofa, Marwah, Muzdalifah, sampai tempat melempar Jumrah pun tidak luput dari perhatian panitia.

Sehingga, para peserta Manasik benar-benar merasa seperti tengah melaksanakan ibadah Haji di tanah suci. Bahkan, mereka juga diwajibkan memakai pakaian Ihram selama berlangsungnya kegiatan manasik.

Metode learning by doing atau belajar sambil melakukan benar-benar efektif dalam pelaksanaan Manasik Haji ini. Sehingga pemahaman santri akan pelajaran tidak terbatas dengan membayangkan saja, namun diikuti dengan mencoba mempraktikkannya di kehidupan nyata.

Salah satu bapak guru pengajar Fiqh, Al-Ustadz Nashrul Haq turut memberikan komentarnya terhadap kegiatan Manasik Haji ini. Menurutnya, praktik Manasik Haji sangat memudahkan para santri memahami tata cara pelaksanaan Ibadah haji dengan benar. Pasalnya para santri dapat langsung turun ke lapangan untuk mempraktikkan apa yang telah mereka baca dan pelajari di dalam kelas.

(Berita: Mahadi, Foto: Chauza, Reviewer: Taufiq Affandi).

Related Articles:

Manasik Haji : Perdalam Pelajaran dengan Praktik

Pentingnya Pengetahuan Ibadah Haji Bagi Santri, PMDG Adakan Praktik Manasik Haji

Perdalam Materi Haji, KMI Adakan Praktik Manasik