Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UINSU-Universitas Mohamed bin Zayed Teken MoU | Perkuat Hubungan Kognitif Lingkup Internasional

UINSU-Universitas Mohamed bin Zayed Teken MoU | Perkuat Hubungan Kognitif Lingkup Internasional

Bali (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menjalin kerja sama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Universitas Mohamed bin Zayed, baru-baru ini. Kerja sama terkait dengan peningkatan hubungan internasional dia lembaga pendidikan tinggi ini.

Rektor UINSU Medan, Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Dr Ali Akbar Simbolon dalam keterangan pers di Medan, Selasa (16/1) menyampaikan, penandatanganan kerja sama dimaksud digelar di Hotel Jumerah, Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, penandatanganan MoU ini merupakan upaya untuk internasionalisasi UINSU, dalam berbagai bidang. Di antaranya pertukaran mahasiswa, visit dosen atau guru besar, penelitian bersama dan program lain yang saling menguntungkan.

Selain itu pula, lanjutnya, kerja sama ini bagian dari usaha untuk meningkatkan kualitas kampus sejalan untuk pencapaian akreditasi institusi yang ditargetkan pada 2024 ini. Terkhusus pada bidang kerja sama internasional yakni dengan Universitas Mohamed bin Zayed ini.

Rektor Prof Nurhayati mengharapkan, agar melalui kerja sama ini ke depan bisa meningkatkan kualitas dari berbagai aspek. Termasuk dalam hal layanan internasional dan berbagai program dalam lingkup lintas negara. Sehingga mampu meningkatkan kualitas UINSU melalui program-program internasional yang menarik.

Kerja sama yang dibangun, lanjutnya, juga dimaksudkan untuk mendorong dan mendukung perkembangan kampus Islam terbesar di Sumatera Utara ini untuk menjadi rujukan pendidikan Islam terbaik. Dalam hal pendidikan dan akademik hingga soal fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai serta berkelas inteenasional.

Sementara, Rektor Universitas bin Zayed, Dr Khalifa Mubarak Al Dhaheri menyampaikan dalam kesempatan itu, program penandatanganan MoU dengan UINSU Medan merupakan bagian dari strategi universitas untuk membuka hubungan dengan institusi pendidikan tinggi, pada level regional dan internasional. Program dirancang, di antaranya untuk mempromosikan pertukaran ilmiah dan akademik.

Lalu, memperkuat hubungan kognitif dengan ruang dunia internasional. Untuk membangun kemitraan ilmiah yang menguntung tentu bagi kedua belah pihak yang dirumuskan dalam kerja sama tersebut. Dalam ruang yang lebih spesifik, kerja sama ini ke depan dapat diteruskan dalam berbagai program, misal joint research, pertukaran mahasiswa dan dosen, visit guru besar, pengabdian bersama dan banyak program lainnya.

Turut mendampingi Rektor Universitas Mohamed bin Zayed yakni Staf Ahli Rektor Dr Sultan Al Rumaithi, Kepala Biro Rektor Rashid Al Nashiri, Kepala Biro Rektor Protokol Rashid Al Menhali dan Spesialis Tindak Lanjut Bisnis Sultan Al Mansouri. (Humas)