Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

MUGUS Lahirkan Pramuka yang Patuh dan Suka Bermusyawarah

MUGUS Lahirkan Pramuka yang Patuh dan Suka Bermusyawarah

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) baru saja mengadakan kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) selama 2 hari, mulai dari hari Kamis (11/1) sampai dengan Jumat (12/1). Musyawarah tersebut diikuti oleh Penegak Ambalan dengan dipimpin langsung oleh Ketua Koordinator Gerakan Pramuka dan dibantu beberapa andalan lainnya.

Musyawarah terbagi menjadi 3 sesi sidang yang diadakan di waktu yang berbeda-beda. Sesi sidang pleno diadakan pada hari Kamis (11/1), sedangkan sidang komisi dan paripurna diadakan pada hari Jumat (12/1).

Ka’ Suraji Badi’ selaku Pelatih membuka agenda Musyawarah Gugus Depan.

Dalam musyawarah tersebut, turut hadir pula kakak Pelatih Pramuka di PMDG, yaitu Kak Suraji Badi’, M.Ag. yang meresmikan dimulainya kegiatan MUGUS. Dalam pidato pembukaannya, beliau menyampaikan beberapa nasehat untuk para peserta.

“Ini merupakan waktu yang tepat untuk belajar berorganisasi. Ambalan sudah seharusnya paham tata cara bekerja yang baik. Organisasi yang baik lahir dari komunikasi yang baik, itulah mengapa dibutuhkan musyawarah”, ujar Kak Suraji Badi’ di hadapan seluruh peserta musyawarah.

Suasana Musyawarah Gugus Depan yang diikuti oleh seluruh Penegak Ambalan.

MUGUS dapat menjadi media bagi para Ambalan untuk belajar cara berkomunikasi dan berorganisasi dengan baik. Mereka diajarkan untuk bijak dalam mengambil keputusan dan menanggapi pendapat orang lain. Hal tersebut sejalan dengan salah satu Dasa Dharma Pramuka, yaitu: “Patuh dan Suka Bermusyawarah”.

(Berita: Mahadi; Foto: Chauza; Reviewer: Winka Ghazi, Riza Ashari).

Related Articles:

Kandungan Tri Satya Sebagai Pedoman Menjadi Pramuka Sejati

Ciptakan Pemimpin dalam Pramuka dengan Gladian Pinsa & Pinru

Pramuka Bakti 2023; Bina Bakti Staf Koordinator