Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PMR WIRA SMANSALI, ‘Si Paling Aktif Bertanya, Si Paling Kreatif Menjawab’

PMR WIRA SMANSALI, ‘Si Paling Aktif Bertanya, Si Paling Kreatif Menjawab’

PEMALI, SMANSALI POS –SMAN 1 PEMALI kembali meraih prestasi yang kali ini diperoleh Ekstrakurikuler PMR WIRA SMANSALI dalam Pelantikan Anggota PMR dan Latihan Gabungan (latgab) se-Kabupaten Bangka oleh PMI Bangka. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari 3 malam pada tanggal 21-24 November 2023 di Pantai Teluk Pikat dan diikuti oleh peserta dari tingkat Mula, Madya, dan Wira serta guru pembimbing dan tamu undangan yang turut berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini.

PMR WIRA SMANSALI mengirimkan total 30 anggota yang termasuk 21 anggota baru, 7 anggota lama serta 3 guru pembimbing. Disertakannya para anggota lama atau yang sudah berpengalaman ditujukan untuk ikut berpartisipasi dalam penyiagaan pangan semua anggota.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Abdul Fatah selaku Ketua PMI Bangka Belitung, Dilanjutkan dengan beberapa latihan gabungan seperti pertolongan pertama (PP), kepalangmerahan, ‘Ayo Siaga Bencana dan Kesehatan Remaja’, dan penutupan sekaligus pembagian hadiah di hari puncaknya.

“Sebetulnya kegiatan ini bukanlah ajang perlombaan, namun diketahui bahwa keaktifan siswa dalam kegiatan juga dihitung atau diperhatikan, contohnya siapa aktif bertanya menjawab,” ujar Nur Annisa Cherika Putri selaku siswi koor lapangan.

Keberhasilan Anggota PMR WIRA SMANSALI mendapatkan penghargaan sebagai ‘Sekolah Aktif Bertanya dan Menjawab’ saat dilaksanakannya latihan gabungan menunjukkan bahwa mereka telah terlatih baik dalam hal kemandirian, kerja sama tim, dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

“Setiap kelompok itu ‘kan memiliki anggota-anggota dengan karakter yang berbeda-beda, ada yang ingin menang sendiri maupun  bersama-sama. Namun menurutku semua anggota sudah bekerja dengan baik,” ucap Izzy Vassya Auriel selaku ketua PMR

Prestasi yang diraih PMR WIRA SMANSALI menunjukkan bahwa mereka telah terlatih baik dalam hal kemandirian, kerja sama tim, serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Kegiatan PMR menjadi salah satu ekstrakurikuler penting di sekolah untuk membentuk karakter siswa-siswi agar menjadi sosok yang tanggap, mandiri, serta mampu memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Cerita yang paling seru di PMR yaitu bisa bertemu dengan banyak orang dan bisa berkenalan dengan teman-teman baru,” Ujar Detris Syahputra selaku ketua KKR.

Jurnalis: REVALINA HOTMAULI PURBA