Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas oleh Dirlantas Polda Aceh

Sosialisasi Keselamatan  Berlalu Lintas oleh Dirlantas Polda Aceh

Dirlantas Polda Aceh berkunjung ke SMA Laboratorium Unsyiah ,Kamis 15 Februari. Kegiatan dalam rangka sosialisasi keselamatan dan tertib berlalu lintas bagi pelajar. Kedatangan bapak Darmi bersama tim dirlantas Aceh yaitu ibu Risca dan ibu Siska disambut langsung oleh Kepala Sekolah Dr.Rini Safitri M.Si didampingi wakasek kesiswaan Hendra Darmawan S.Si dan guru.

Sebanyak 150 siswa berkumpul di mushola untuk mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Bripda Siska. Materi yang disampaikan menarik karena sangat erat dengan keselamatan dan tertib berlalu lintas. Materi disampaikan dengan cara yang menarik sehingga disukai oleh siswa. Meskipun suasana ceria, siswa tetap mampu menyampaikan kembali materi saat refleksi.

Keselamatan berlalu lintas bagi remaja sangat penting karena remaja merupakan salah satu kelompok yang rentan dalam kecelakaan lalu lintas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas bagi remaja antara lain:

  1. Pemahaman akan aturan dan tata tertib berlalu lintas serta kepatuhan dalam mematuhinya.
  2. Penggunaan perlengkapan keselamatan seperti helm, sabuk pengaman, dan atribut lainnya saat berkendara.
  3. Tidak menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya saat berkendara atau menyeberang jalan.
  4. Memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) dan mengemudikan kendaraan sesuai dengan batas kecepatan yang ditentukan.
  5. Berhati-hati saat menyeberang jalan, menggunakan penyeberangan zebra, dan mengutamakan keselamatan pejalan kaki

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan remaja dapat menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas

Ibu Siska menjelaskan bahwa angka kecelakaan di Aceh semakin tinggi setiap tahunnya, terutama di kalangan remaja, karena kelalaian para pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan dan tertib berlalu lintas. Kepolisian, yang diwakili oleh Dilantas Aceh, sangat berharap agar generasi muda dapat menjaga keselamatan diri dengan mengikuti ketertiban berlalu lintas dan menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab untuk meraih masa depan yang cerah

Kunjungan dirlantas Polda Aceh sangat diapresiasi oleh kepala sekolah, apalagi ini adalah kegiatan yang sangat positif. Pemerintah melalui dirlantas Polda Aceh sigap dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas dari kalangan emaja. Semoga kegiatan ini menjadi berkah untuk keselamatan bersama.