Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

KEGIATAN OLAHRAGA DI SMKN 5 TANGERANG SELATAN

HEY, SOBAT NILMATAN ! CHEK THIS OUT!!!

Kegiatan olahraga di SMKN 5 ada banyak sekali lohh, olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai. Olahraga pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan efek relaksasi kepada orang yang melakukan olahraga dan hiburan kepada orang yang menonton.

JENIS – JENIS OLAHRAGA di SMKN 5

Lari = Melakukan lari adalah olahraga kardiovaskular yang efektif untuk meningkatkan daya tahan dan kebugaran jantung.

Angkat beban = Angkat beban atau kegiatan kekuatan yang melibatkan penggunaan beban atau beban tubuh untuk melatih dan menguatkan tubuh. Ini membantu meningkatkan kekuatan pada tulang dan metabolisme tubuh.

Bola basket = Bola basket bisa dilakukan di lapangan terbuka (outdor) atau ruang tertutup (indor). Standar internaasional permainan bola basket adalah 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat sepuluh menit.

Sepak bola = Sepak bola merupakan jenis olahraga tim paling populer didunia, termasuk di Indonesia. Olahraga ini digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan tingkat usia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepak bola adalah permainan beregu dilapangan menggunakan bola sepak dari 2 kelompok yang berlawan masing-masing terdiri atas 11 pemain berlangsung selama 24×45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk kegawang lawan.

Bola Voli = Voli merupakan 1 diantara cabang olahraga bola besar. Voli adalah cabag olahraga yang dimainkan secara beregu, deangan masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain. Menurut Kamus Besar BahasaIndonesia (KBBI) daring, voli adalah bola yang terbang atau melayang sebelum menyentuh tanah.

Tenis meja =Tenis meja atau biasa disebut dengan ping pong merupakan satu di antara jenis olahraga yang cukup di gemari masyarakat Indonesia. Olahraga tenis meja kerap kali diperlombakan dalam acara kemerdekaan, ajang kejuaraan tingkat nasional hingga pergelaran olimpiade.

Inilah beberapa olahraga yang ada di SMKN 5 dan masih ada beberapa lagi seperti Senam, Bulu Tangkis dan masih banyak lagi.

MANFAAAT OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH 

Olahraga menyimpan berbagai keistimawaan bagi tubuh jika kamu rutin melakukan aktifitas ini.Lantas apa saja manfaat olahraga yang dapat kamu peroleh jika rutin melakukanya??? 

1.Menjauhakan dari berbagai penyakit 

Menurut studi yang terbit dalam wiley journal, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Saat berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Menghasilkan tubuh lebih sehat dan kuat, serta tidak mudah terangsang penyakit.

2.Memperbaiki postur tubuh 

Berolahraga membuat semua bagian tubuh kamu bergerak, sehingga bisa meningatkan fleksibel. Otot tubuh juga menjadi elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak, olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya.

3.Meningkatkan daya pikir 

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir terutama pada anak-anak. Aktivitas fisik yang kamu lakukan secara rutin dapat membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya.

4.Merangsang pertumbuhan ideal

Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih optimal. Kalori tubuh akan di proses menjadi energi secara keseluruhan, tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan penumpukan lemak tubuh.

Sesudah kita berolahraga kerap terjadi kram setelah olahraga, ketika kamu lupa melakukan pendinginan, ada hal lain yang perlu dilakukan setelah aktivitas fisik ini, yaitu:

Pendinginan yang tepat ,lakukan pendinginan setelah berolahraga untuk menurunkan suhu tubuh secara bertahap. Gerakan pendingninan dapat berupa senam ringan atau  peregangan  yang membatu mengembalikan otot ke keadaaan normal 

Istirahat yang cukup, memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri setelah latihan fisik, tidur yang cukup penting untuk memperbaiki otot dan mengembalikan energi tubuh. Evaluasi dan catat kemajuan, jangan lupa untuk mencatat kemajuan setelah berolahraga. Mengukur peningkatan kinerja dan kondisi fisik akan membantu untuk menetapkan target dan memantau perkembangan olahraga kalian.