Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Dasar

SIMAAN QURAN, RAIH KEBERKAHAN KUATKAN HAFALAN

SIMAAN QURAN, RAIH KEBERKAHAN KUATKAN HAFALAN

Sleman – Bulan Ramadan adalah bulan Al-Quran, karena pada bulan ini Al-Quran diturunkan. Seluruh amalan yang kita lakukan pada bulan Ramadan akan mendapat ganjaran berlipat, terutama yang berkaitan dengan Al-Quran, baik membaca, murojaah maupun mengkajinya.
Salah satu program Ramadan MIN 1 Sleman adalah Simaan Al-Quran, yaitu menyimak atau mendengarkan bacaan hafalan satu sama lain. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama bulan Ramadan dan telah dimulai pada hari Senin tanggal 18 Maret 2024. Kelas pertama yang mengikuti kegiatan ini adalah kelas V Abu Bakar As-Siddiq dengan didampingi oleh Kepala MIN 1 Sleman, ibu Zumaroh Nazulaningsih, MSI, wali kelas bapak Sutarja, S.Pd., dan pembimbing Tahfidz Umi Nur Ida Fitriyani dan bapak Muhammad Zyad Ngazizy. Siswa-siswi yang dipilih membaca Juz Amma, sedangkan siswa-siswi yang lain menyimaknya.


Pada hari kedua, yaitu hari Selasa, 19 Maret 2024 yang mengikuti kegiatan simaan adalah kelas V Ali bin Abi Thalib dengan didampingi oleh Kepala MIN 1 Sleman, ibu Zumaroh Nazulaningsih, MSI, wali kelas ibu Umi Sri Lestari, S.Ag dan pembimbing Tahfidz Umi Nur Ida Fitriyani dan bapak Asyaefudin Zuhri, S.Pd. Siswa-siswi membaca Juz Amma secara bergantian dan saling menyimak.
Kegiatan ini diharapkan mampu memberi pembiasaan positif bagi siswa-siswi MIN 1 Sleman, agar terbiasa untuk saling menyimak hafalan, melatih hafalan agar semakin kuat, dan melatih keberanian untuk membacakan hafalan di depan orang banyak. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas Tahfidz yang merupakan program unggulan di MIN 1 Sleman.(NF)