Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Kolaborasi UNTAN dengan LPK Ability Center: Campus Visit “WORKING IN JAPAN” Membuka Peluang Karier di Negeri Sakura

Kolaborasi UNTAN dengan LPK Ability Center: Campus Visit “WORKING IN JAPAN” Membuka Peluang Karier di Negeri Sakura

Pada hari Selasa, 19-03-2024 Japan Corner, Career Development Center (Pusat Pengembangan Karier) dan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan “Campus Visit: WORKING IN JAPAN”

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid, daring dan luring, ini menghadirkan 3 narasumber, yaitu: (1) Fujie Misaka (Native Speaker Japan Corner Untan); (2) Joshua Dimas Bagaskara (Sales Support Team); dan (3) Tatsuru Shiraishi (Director of Ability Center Co., Ltd.).

Kegiatan ini menghadirkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Ability Center Co., Ltd yang berkantor di kota Niihama, Prefektur Ehime. Dari Universitas Tanjungpura hadir pula Kepala Pusat Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Prof. Dr. Sulistyarini, M.Si., Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Dr.-Ing. Ir. Slamet Widodo, M.T., IPM, Kepala UPT Bahasa Stella Prancisca, S.Pd., M.Pd. dan Sekretaris Ana Fergina, S.Pd., M.AppLing (TESP) serta Ketua Pusat Pengembangan Karier yaitu Ferry Hadary.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi terkait kesempatan kerja di Jepang melalui LPK Ability Center serta persiapan budaya dan bahasa melalui Japan Corner UNTAN. Peserta yang hadir sejumlah 130 peserta baik mahasiswa serta alumni, dan mereka antusias untuk mencari info bekerja di Jepang dengan banyak pertanyaan sehingga waktu yang diestimasikan harus selesai pada pukul 12.00 akhirnya harus ada penambahan waktu.

Universitas Tanjungpura melalui Pusat Pengembangan Karier yang berada di bawah LPPPM memang sedang melakukan banyak kegiatan dalam rangka peningkatan mutu lulusan melalui pelatihan softskill, percepatan masa tunggu alumni dalam mencari kerja melalui career expo dan kerja sama berupa campus hiring serta rekrutmen dengan banyak perusahaan. Selain itu pula juga dilaksanakan pelatihan preneurship serta pula informasi-informasi beasiswa untuk alumni yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang S2. Semua ini dilakukan agar alumni Universitas Tanjungpura selain memiliki nilai akademik yang tinggi, juga memiliki keterampilan atau kompetensi sehingga dapat berkiprah baik di masyarakat.