Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

20 Tim Ormawa UAD Lolos PPK Ormawa Internal 2024

20 Tim Ormawa UAD Lolos PPK Ormawa Internal 2024

Seleksi Online PPKO 2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto Zulfatin Nafisah)

Kegiatan kemahasiswaan kembali mencatat prestasi yaitu dengan lolosnya 20 Tim Ormawa dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2024. Keberhasilan ini merupakan hasil seleksi internal yang diumumkan oleh Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center UAD pada tanggal 4 Maret 2024.

PPK Ormawa, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menawarkan kesempatan kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas organisasi kemahasiswaan melalui pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan organisasi kemahasiswaan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan soft skills yang diinginkan oleh pemerintah guna menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul.

Dari total 29 subproposal yang diajukan, 20 tim Ormawa UAD berhasil lolos seleksi internal. Tahap selanjutnya melibatkan seleksi administrasi dan tahap wawancara dengan para reviewer, yang kemudian menghasilkan 10 tim Ormawa UAD yang berhasil meraih pendanaan.

Tim-tim tersebut berasal dari berbagai ormawa di UAD, seperti HMPS PBI, IMM FEB, HMPS Biologi, HMPS Fisika, HMPS Teknik Kimia, BEM-F-Farmasi, DPM Farmasi, IMM FKM, HMPS Matematika, IMM Farmasi, IMM Psikologi, UKM Pramuka, BEM FAST, HMPS Teknologi Pangan, BEM UAD, UKM Seni Tari, HMPS PGSD, HMPS PBSI, IMM BPP, dan HMPS Pendidikan Biologi.

Dewi, selaku Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat PKM Center UAD, menyampaikan harapannya terhadap ke-20 tim Ormawa UAD yang berhasil lolos seleksi internal. “Semoga yang lolos internal, yakni 20 tim bisa maju ke tahap abdidaya. Tim-tim ini tetap solid dan kompak dalam menjalani program dan tetap selalu semangat,” ujarnya.

Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi Universitas Ahmad Dahlan, tetapi juga merupakan contoh bagaimana partisipasi aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Selain itu juga memberikan kontribusi dalam pengembangan kapasitas organisasi kemahasiswaan dan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar.

uad.ac.id