Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Tak Lulus SNBP, Daftar UTBK-SNBT

Tak Lulus SNBP, Daftar UTBK-SNBT

BAGI pelajar yang tidak lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 jangan kecewa dan putus asa. Masih ada dua alternatif yang bisa dilakukan agar bisa melanjutkan kuliah di Universitas Bengkulu (UNIB) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Dua alternatif dimaksud yaitu mendaftar jalur UTBK-SNBT dan mendaftar Jalur Mandiri atau SMMPTN BKS-PTN Barat.

Sama halnya dengan SNBP, penyelenggaraan UTBK-SNBT dikoordinir oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kemendikbudristek. Masa pendaftaran UTBK-SNBT sudah dibuka pada Kamis 21 Maret 2024, hingga 5 April 2024. UTBK tahun ini dilaksanakan di 72 pusat UTBK, salah satunya Universitas Bengkulu (UNIB).

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, sedangkan untuk jadwal pendaftaran bagi peserta SNBP yang tidak lulus yaitu 26 Maret pukul 15.00 WIB – 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

Pelaksanaan tesnya ada 2 gelombang, yaitu UTBK gelombang 1 dilaksanakan tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024, serta UTBK gelombang 2 tanggal 14-20 Mei 2024. Lalu, Pengumuman hasil UTBK- SNBT dikeluarkan tanggal 13 Juni 2024 dan masa unduh sertifikat UTBK tanggal 17 Juni-31 Juli 2024.

Cara daftar UTBK-SNBT 2024

  • Login portal SNPMB : Buka Portal SNPMB dan lakukan login menggunakan akun SNPMB yang telah diregistrasi sebelumnya.
  • Lengkapi biodata : Isi dan lengkapi biodata, unggah pasfoto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata seluruhnya. Peserta tunanetra bisa mengunduh dan mengunggah kembali surat pernyataan tunanetra yang telah disediakan.
  • Pilih program studi : Pilih program studi yang diinginkan, untuk SNBT 2024 siswa bisa memilih maksimal 4 program studi dengan kriteria yang berlaku.
  • Unggah Portofolio: Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio seperti yang ditentukan.
  • Pusat UTBK: Lebih baik pilih pusat UTBK yang dekat dengan tempat tinggalmu. Caranya, buka laman SNPMB, https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, pilih menu UTBK-SNBT, lalu klik PTN SNBT, dan cari Universitas Bengkulu (UNIB) dengan kode 161.
  • Pembayaran: Pembayaran UTBK-SNBT 2024 harus dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada sebesar Rp 200 ribu.
  • Unduh kartu peserta UTBK-SNBT: Ini adalah proses terakhir yang akan dilalui siswa. Kartu peserta harus disimpan dengan baik karena dibawa saat pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SNBT 2024.

UTBK-SNBT tahun ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk memilih 1 hingga 4 prodi, baik itu prodi sarjana akademik maupun sarjana terapan. Adapun ketentuannya sebagai berikut:

Bagi yang memilih 1 prodi bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana terapan atau diploma.

Bagi yang memilih 2 prodi, juga bisa memilih program manapun, bisa prodi sarjana akademik, sarjana atau diploma.

Bagi yang memilih 3 prodi, ketentuannya, bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 1 program vokasi (D-3), atau bisa sebaliknya, 2 program vokasi, 1 program sarjana akademik.

Bagi yang memilih 4 prodi, ketentuannya bisa memilih 2 prodi sarjana akademik dan 2 prodi vokasi (D-3).

Daftar keseluruhan prodi dan fakultas yang ada di UNIB termasuk kuota penerimaan bisa mengunjungi laman https://unib.ac.id lalu klik Pusat Informasi dan klik Informasi Kelembagaan dan Informasi Akademik untuk melihat daftar akreditasi program studi dan daya tampung masing-masing program studi.

Disarankan segera mendaftar, tidak pada akhir jelang penutupan pendaftaran. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal penting seperti waktu dan ketentuan pendaftaran, serta yang paling penting lagi adalah persiapkan diri dengan belajar, latihan soal, dan berdoa.[Purna Herawan/Humas].

Untuk lebih memahami UTBK-SNBT, silahkan download dan baca panduan berikut ini :