Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Perjalanan Inspiratif Fina Kharisma Menuju Gelar Juara I PILMAPRES UM 2024 Tingkat Sarjana

Perjalanan Inspiratif Fina Kharisma Menuju Gelar Juara I PILMAPRES UM 2024 Tingkat Sarjana
image_pdf
[LIFESTYLE]

Dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi, Universitas Negeri Malang (UM) gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) UM yang merupakan ajang kegiatan setiap tahun. Segala usaha dan upaya yang dilakukan, selamanya akan menjadi saksi hidup mahasiswa berprestasi demi mengharumkan nama perguruan tinggi. Oleh karena itu, PILMAPRES menjadi wadah bagi perguruan tinggi dalam mengapresiasi mahasiswa berprestasi.

Tahun 2024 menjadi salah satu tahun yang istimewa bagi Fina Kharisma. Berkat kesungguhannya, Fina berhasil meraih Juara I PILMAPRES UM tingkat Sarjana. “Rasanya campur aduk banget, antara senang, bersyukur, dan terharu. Saya pribadi awalnya tidak berekspektasi bakalan menjadi juara karena teman-teman lainnya juga sangat unggul di bidangnya masing-masing. Akan tetapi, saya diberi kesempatan ini. Mungkin ini menjadi jalan dari Allah untuk membawa saya menuju tingkat yang lebih tinggi lagi,” seru Fina.

Mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM ini juga menyampaikan perjuangannya dalam mengikuti seleksi panjang. Tentu ini bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa terlebih lagi dalam membagi waktunya dan di samping itu Fina juga berada diluar kampus karena sedang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM), yaitu Kampus Mengajar. Fina juga aktif berkegiatan di Al-Qur’an Study Club (ASC), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UM.

“Penuh suka dan duka saat mengikuti PILMAPRES UM ini, jujur perjuangannya terasa berat. Akan tetapi, saya melihat orang-orang yang ada di sekitar memberikan dukungan yang sangat berarti. Terutama dukungan orang tua, yang tidak pernah putus memberikan do’a. Sehingga kejuaraan ini menjadi persembahan untuk mereka semua,” tutur Fina.

Bermula mengikuti PILMAPRES tingkat fakultas, Fina memantapkan dirinya untuk mengikuti ajang ini hingga menjadi juara satu tingkat sarjana di UM. Fina mengumpulkan niat serta tekad yang kuat dalam menghadapi kontestan pilmapres lainnya yang dipenuhi oleh orang-orang hebat. Meningkatkan skill, melengkapi semua berkas persyaratan tidak lupa turut melengkapi perjuangannya. Adanya seleksi berbahasa Inggris mendorong Fina untuk mengembangkan potensi diri dengan mulai mengimplementasikan bahasa asing ini ke kehidupan sehari-harinya, di samping itu Fina juga melewati tes seleksi yang lain seperti tes kepribadian, wawasan kebangsaan, capaian unggulan, karya tulis ilmiah.

Mengingat perjuangannya itu, Fina membagikan tips dan strategi dalam ajang PILMAPRES UM. “Pertama, luruskan niat untuk mencari ridha Allah. Jangan sampai salah dalam niat mengikuti suatu perlombaan. Kedua, kuasai dan tingkatkan kualitas diri di setiap tes seleksi. Sehingga maksimal dalam mempersiapkannya dan mendapatkan nilai yang tinggi,”  ungkap Fina dalam memberikan kunci sukses menjadi juara.

Mengelola atau mengatur waktu menjadi salah satu kunci kesuksesan Fina. Dengan begitu banyak kegiatan yang dilakukannya, Fina selalu merancang jadwal yang diukur sesuai dengan skala prioritas. Perkuliahan tetap menjadi prioritas utama bagi Fina, akan tetapi begitu di waktu senggang dia mulai mengikuti kegiatan lain selain kuliah. “Jika dengan berkuliah itu ibadah, maka berprestasi adalah dakwah” itulah motto yang selalu menjadi pegangan bagi mahasiswa FMIPA UM ini. Fina beranggapan bahwa PILMAPRES bisa menjadi salah satu wadah baginya untuk menerapkan motto tersebut. 

Fina menaruh harapan besar pada dirinya sendiri untuk bisa lebih berdampak pada masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Fina pun menjadi lebih bersemangat lagi untuk semakin meningkatkan value dan skill diri. “Sebagai mahasiswa, kita sepatutnya bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Allah ini. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin ketika masih mengenyam di bangku perkuliahan ini. Sebab, menjadi mahasiswa itu privilege. Jangan lupa mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki. Mari membangun karakter pemuda yang tidak mudah insecure, karena setiap manusia memiliki jalan dan timeline masing-masing,” pesan Fina Kharisma, mahasiswi FMIPA yang menjadi Juara I PILMAPRES UM dengan sekitar 50 lebih mengikuti berbagai perlombaan. 

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM