Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Gempur Produktivitas dan Kualitas, Dosen FEBI Lakukan Coaching Clinic Publikasi Karya Ilmiah

Gempur Produktivitas dan Kualitas, Dosen FEBI Lakukan Coaching Clinic Publikasi Karya Ilmiah

UINSGD.AC.ID (Kampus II) — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Coaching Clinic Publikasi Karya Ilmiah Dosen yang berlangsung di Aula FEBI, Rabu, (27/3/2024)

Kegiatan yang diprakarsai oleh Wakil Dekan I FEBI, Dr. Iwan Setiawan, S.Ag, M.Pd, M.E.Sy ini mengundang seluruh dosen FEBI dalam rangka pergerakan untuk publikasi karya ilmiah. “Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya motivasi dan mewadahi para dosen agar memiliki khasanah yang lebih luas terkait publikasi ilmiah dan mendapat dorongan yang lebih kuat untuk dapat mempublikasikannya,” ujar Dr. Iwan.

Menurutnya, bahwa coaching clinic diadakan guna membekali para dosen agar lebih matang dalam mempersiapkan karya ilmiahnya untuk dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional.

Dalam pembukaannya, Dekan FEBI, Prof. Dr. Dudang Gojali, M.Ag menekankan urgensi penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi para dosen utamanya dosen FEBI. “Ekonomi, Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang dinamis. Banyak fenomena yang bisa terjadi dalam kurun waktu yang singkat. Sebagai dosen, menulis karya ilmiah dengan melakukan penelitian maupun studi untuk mendapatkan temuan merupakan salah satu tugas utama turunan dari Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karenanya coaching clinic ini menjadi sangat penting mengingat dosen tidak hanya harus memenuhi kewajibannya baik secara moril maupun administratif, tapi juga menjadi contoh bagi para mahasiswa agar dapat menghasilkan karya ilmiah yang menunjukkan kompetensi dan kualitas kita sebagai pengajar,” tegas Prof. Dudang.

Narasumber Coaching Clinic, Dr. Indra Kristian, S.I.P., S.Kom., M.A.P berasal dari program studi pascasarjana Magister Administrasi Publik Universitas Jenderal Achmad Yani.

Dalam penyampaian materinya, Dr. Indra menuturkan sistematika kepenulisan hingga hal-hal fundamental terkait karya ilmiah. “Penting untuk memastikan bahwa apa yang kita tulis, kita teliti dan temukan itu merupakan hal yang penting agar dapat memberikan manfaat bagi eksternal. Oleh karenanya, kita harus menulis secara sistematis dan strategis agar jika kita mampu merumuskan karya ilmiah yang berkualitas, karya tersebut dapat dipublikasikan secara luas guna memperluas kebermanfaatannya, “ jelas Dr. Indra.

Coaching clinic kali ini menargetkan output berupa karya ilmiah dosen FEBI yang dapat dipublikasikan di proceeding internal UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Coaching clinic publikasi karya ilmiah ini menjadi agenda rutin di FEBI yang dicanangkan dalam rangka mendorong produktivitas dan meningkatkan kualitas para dosen sesuai kompetensi dan keahliannya. (NRA)