Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNISA Yogyakarta Berikan Layanan Kesehatan Pada Jamaah Pengajian Ahad Wage

UNISA Yogyakarta Berikan Layanan Kesehatan Pada Jamaah Pengajian Ahad Wage

Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menggelar program pengabdian Masyarakat dengan menyediakan layanan kesehatan bagi jamaah pengajian Ahad Wage Pimpinan Ranting `Aisyiyah (PRA) pada Minggu (31/03), diselenggarakan di Balai Kelurahan PRA Nogotirto dalam rangka Pengajian Ramadhan dan Bakti Sosial.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini serta Ketua Pimpinan Pusat `Aisyiyah Hajah Latifah Iskandar yang sekaligus memberikan tausiyah. Keterlibatan Dosen UNISA Yogyakarta, yang terdiri dari Dewi Amanatun Suryani selaku ketua panitia penyelenggara, Dian Retnaning Diah, Indriani, serta Anindita Sagata sebagai divisi Kesehatan yang dibantu oleh mahasiswa, menjadi wujud konkret dari pengabdian pada komunitas dampingan di sekitar kampus UNISA Yogyakarta.

Menurut Dewi Amanatun, jumlah warga yang menerima bantuan layanan Kesehatan pada tahun ini mencapai 586 kepala Keluarga (KK), mengalami penuruan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 600 KK.

“Sebagian dana bantuan dialihkan dalam bentuk santunan Pendidikan, ini juga menjadi komitmen kami sebagai dosen UNISA Yogyakarta dalam memperhatikan berbagai aspek kebutuhan Masyarakat,” tutur Dewi.

Selain pemberian santunan sembako, kegiatan tersebut juga meliputi pameran Pendidikan, bazar, dan pemeriksaan kesehatan. Layanan kesehatan ini mencakup pemeriksaan tensi, asam urat, gula darah, fisioterapi, dan konsultasi gizi.

Antusiasme Masyarakat sangat tinggi dalam mendaftar dan seluruhnya dapat dilayani hingga akhir acara. Masyarakat yang rutin memeriksakan kesehatan berasal dari berbagai dusun dan tergabung dalam Posyandu Lansia `Aisyiyah.