Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PENAMPILAN TONTI SMK MA’ARIF 1 WATES BERHASIL MEMBUAT PENONTON TERPESONA

PENAMPILAN TONTI SMK MA’ARIF 1 WATES BERHASIL MEMBUAT PENONTON TERPESONA

DUA SISWA TERPILIH MENJADI ANGGOTA PASKIBRAKA KABUPATEN KULON PROGO

Panitia Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tingkat kabupaten Kulon Progo kembali menyelenggarakan Lomba Pawai untuk pelajar dari tingkat sekolah SD/MI,SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Instansi/Umum.Kegiatan tersebut digelar pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023.

Dalam kegiatan tersebut SMK Ma’arif 1 Wates mengikutkan 2 Pleton Inti terdiri dari 1 pleton putra dan 1 pleton putri yang masing-masing berjumlah 31 orang dengan komandan pleton putra Muhammad Isham Kurnia Putra dari kelas X Teknik Ketenaga Listrikan (TKL) dan komandan pleton putri Clara Devita Yuantoni dari kelas Teknik Komputer Jaringan 2 (TKJ 2) . Dengan mengenakan seragam berwarna hijau tosca berpadu dengan warna putih cerah serta keserasian postur tubuh, langkah dan variasi serta formasi gerakan mulai dari start sampai garish finish, disepanjang rute perjalanan tonti SMK Ma’arif 1 Wates baik yang putra maupun yang putri berhasil membuat ribuan penonton terpesona serta selalu memberikan apresiasi dan upplause yang luar biasa dari, apalagi ketika tonti ini melakukan formasi-formasi dan konfigurasi gerakan disertai pekikan yel-yel dengan penuh semangat,sportifitas juga keindahan sehingga tercipta sebuah tontonan sekaligus tuntunan bagi masyarakat.

 

Penampilan tonti ini tentu tidak terbentuk begitu saja, tetapi melalui sebuah proses yang cukup Panjang. Diawali lewat seleksi terhadap semua kelas X pada saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi tonti putra dan juga melibatkan kelas XI bagi tonti putri, setelah terpilih sesuai kriteria kemudian dilakukan latihan dan pembinaan secara intesif selama 1 bulan lebih. Latihan dilaksanakan dengan berupaya semaksimal mungkin tidak banyak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar sambil memberikan pembelajaran kepada anggota tentang model dan cara menejemen waktu agar semua bisa berjalan dengan lancar. Proses seleksi dan latihan dilakukan secara internal oleh pengurus OSIS/komisariat IPNU-IPPNU dengan dibimbing oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan pembina OSIS/IPNU=IPPNU.

Dua hari menjelang tampil dilakukan acara pengukuhan anggota TONTI oleh kepala sekolah yang juga diisi dengan pembekalan-pembekalan teknis, pengucapan janji dan cium bendera merah putih oleh semua anggota sebagai bukti kecintaan kepada tanah air/negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam acara pengukuhan kepala SMK Ma’arif 1 Wates H,Rahmat Raharja,M.PdI menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada anggota tonti dan semua pelatih/pendamping atas dedikasinya yang luar biasa serta memberikan penguatan agar kegiatan ini jangan dianggap sebagai beban tetapi sebaliknya harus dianggap sebagai amanah, anugrah dan kebanggaan karena tidak semua siswa mendapatkan kesempatan dan yakinlah bahwa pengalaman ini akan banyak mafaat dan hikmahnya untuk menunjang kesuksesan para siswa baik ketika masih menempuh Pendidikan di SMK Ma’arif 1 Wates maupun ketika besuk sudah lulus dan hidup ditengah masyarakat.

Disamping mengikuti pawai dengan mengirimkan TONTI, pada tahun 2023 ini 2 siswa SMK ma’arif 1 Wates atas nama Eko Wahyu Nugroho dari kelas XI TO7 dan Azura Nur Chalista kelas XI TKJ2 terpilih menjadi pasukan pengibar bendera pusaka kabupaten Kulon Progo bersama siswa-siswi tepilih dari SMA dan SMK lain yang kebetulan perwakilan dari sekolah Swasta hanya dari SMK Ma’arif 1 Wates. Dalam rangka memberikan support dan motivasi kepada siswa lain sekolah juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan dan fasilitas lain, dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswa lain untuk selalu berprestasi dan mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Loading