Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

KKN Anak Bangsa UAD di Sorobali NTB Sosialisasikan PHBS di Sekolah

KKN Anak Bangsa UAD di Sorobali NTB Sosialisasikan PHBS di Sekolah

KKN Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Sorobali NTB Sosialisasikan PHBS di Sekolah (Dok. Istimewa)

Pada Senin, 12 Februari 2024, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa IX Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan sosialisasi penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN Inpres Sorobali, Nusa Tenggara Barat. Sosialisasi berupa pemaparan materi tentang penerapan PHBS secara umum dan secara khusus di sekolah. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik cara mencuci tangan menggunakan sabun. Kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh siswa kelas 4 SDN Inpres Sorobali.

Anisa selaku mahasiswa Program Studi Farmasi mengatakan bahwa, “Anak-anak di sini sudah banyak mengetahui penerapan PHBS di sekolah. Hanya saja fasilitas sekolah seperti toilet, tempat sampah, dan tempat mencuci tangan yang kurang memadai, menjadikan sulitnya mereka dalam mempraktikkan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.”

Sementara itu, Zahratu yang kerap aktif menjawab pertanyaan mengenai PHBS, berani dalam mempraktikkan cara mencuci tangan menggunakan sabun di depan kelas.

Kegiatan yang mahasiswa KKN UAD lakukan berlanjut pada Jumat, 23 Februari 2024. Aktivitas yang mereka lakukan masih sama, yakni praktik penerapan PHBS. Hanya saja, kali ini sasarannya adalah siswa SDN Inpres Soropeto, yang masih merupakan bagian dari Dusun Sorobali.

Anak-anak di sekolah itu sangat antusias untuk mencoba. Kendala yang dialami masih sama, yakni kurangnya fasilitas untuk mencuci tangan. Anisa berharap, semoga dengan ilmu yang diberikan ini, dapat menjadi motivasi bagi anak-anak untuk menjalankan serta meneruskan pengetahuannya kepada teman, keluarga, kerabat, dan masyarakat setempat bahwa betapa pentingnya menerapkan PHBS baik di tempat umum maupun di sekolah. (doc)

uad.ac.id