Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Cegah Tindakan Fraud, Itjen Kemenag Lakukan Sosialisasi dan Diagnostic Assessment di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Cegah Tindakan Fraud, Itjen Kemenag Lakukan Sosialisasi dan Diagnostic Assessment di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

UINSGD.AC.ID (Kampus I) — Tim Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Agama melakukan sosialisasi dan diagnostic assessment terkait Fraud Control Plan (FCP) yang berlangsung di Ruang Satuan Pengawasan Internal (SPI) lantai 5 Gedung Rektorat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Selasa (2/4/2024).

Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai pada lingkungan SPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan dibuka dengan sambutan dari Kepala SPI, Dr. Setia Mulyawan, SE., MM dan Pengendali Teknis Tim Itjen, Titik Orbawati.

Ketua Tim Itjen Darwanto, menegaskan “FCP tidak dimaksudkan untuk menggantikan atau membatalkan pengendalian yang ada namun merupakan tambahan dan atau komplemen dari pengendalian yang telah ada,” tegasnya.

Selain menyampaikan konsep FCP, Tim Itjen juga memberikan contoh kasus nyata terkait kecurangan yang berhasil diidentifikasi dan ditangani melalui pengimplementasian FCP. “Hal ini memberikan pemahaman yang lebih konkrit dan aplikatif bagi peserta dalam menerapkan FCP di lingkungan kerja mereka masing-masing,” jelasnya.

Kepala SPI, Dr. Setia Mulyawan, SE., MM menyampaikan paparan terkait konsep FCP ini berbentuk diskusi dan tukar pikiran mengenai tantangan dan solusi dalam menerapkan FCP pada lingkungan kampus. Diskusi yang terjadi membuka wawasan baru bagi peserta.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para peserta dapat lebih memahami pentingnya FCP dalam mencegah, mendeteksi dan mengendalikan kecurangan. Dengan demikian, UIN Sunan Gunung Djati semakin siap dalam menghadapi berbagai tantangan terkait kemungkinan terjadinya tindakan fraud kedepannya,” pungkasnya.